Karakteristik Perencanaan Pendidikan Islam Masa Depan: Kajian Sistematis dari Perspektif Manajemen Pendidikan Islam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik utama perencanaan pendidikan Islam dalam menghadapi dinamika perubahan zaman, khususnya pada era digital dan globalisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan (library research) dengan teknik dokumentasi dalam mengumpulkan berbagai literatur yang relevan mengenai manajemen dan perencanaan pendidikan Islam. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis konten secara induktif melalui proses reduksi data, klasifikasi tematik, dan sintesis teoritis sehingga tersusun tujuh karakteristik utama perencanaan pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pendidikan Islam masa depan harus memenuhi tujuh indikator strategis, yaitu berbasis nilai-nilai Islam, adaptif terhadap perkembangan teknologi, kontekstual terhadap tantangan zaman, holistik dan komprehensif, berorientasi pembelajaran sepanjang hayat, berwawasan global namun tetap berakar pada nilai Islam, serta bersifat partisipatif dan kolaboratif antar pemangku kepentingan. Temuan ini menegaskan bahwa pendidikan Islam memiliki peluang besar untuk menjadi sistem pendidikan yang berdaya saing global apabila perencanaannya disusun secara visioner, profesional, dan berlandaskan nilai-nilai keislaman yang kuat. Penelitian ini memberikan implikasi teoritis dan praktis bagi pengembangan kebijakan, strategi manajerial, serta peningkatan kualitas lembaga pendidikan Islam di masa depan.
References
Al-Attas, S. M. N. (2011). Islam and secularism. Kuala Lumpur: ISTAC.
Amin, M. (2022). Penguatan kompetensi abad 21 dalam pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 145–158.
Basri, B. (2022). Musyawarah dalam manajemen pendidikan Islam: Sebuah pendekatan partisipatif. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 55–68.
Fadli, M. (2023). Kolaborasi lembaga pendidikan Islam dalam menghadapi era industri 5.0. Jurnal Transformasi Pendidikan, 5(2), 101–115.
Hakim, A. (2021). Pendidikan Islam di era revolusi industri 5.0: Tantangan dan peluang. Al-Tarbawi, 14(1), 33–47.
Hidayat, A. (2021). Pengembangan ekosistem sekolah berbasis karakter dalam pendidikan Islam. Ta’dib: Journal of Islamic Education, 26(2), 250–263.
Hussin, S. (2019). Education 4.0 made simple: Ideas for teaching. International Journal of Education & Literacy Studies, 7(3), 92–98.
Idrus, M. (2022). Lifelong learning dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(3), 77–89.
Latif, A. (2022). Pendidikan karakter sebagai benteng globalisasi budaya. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 15–27.
Mahfud, C. (2021). Pendidikan Islam dan tantangan globalisasi. At-Tarbawi, 6(2), 112–126.
Muhaimin. (2020). Pengembangan kurikulum pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Najib, M. (2019). Relevansi pendidikan Islam dalam pembangunan masyarakat. Jurnal Sosial Keagamaan, 9(1), 45–59.
Nasir, M. (2020). Integrasi ilmu dalam pendidikan Islam: Konsep dan implementasi. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 20(2), 168–185.
Nata, A. (2021). Perspektif Islam tentang pendidikan dan ilmu pengetahuan. Jakarta: Kencana.
Nizar, S. (2020). Kemitraan pendidikan dalam penguatan mutu. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(2), 122–133.
Prensky, M. (2019). Digital natives, digital immigrants revisited. Educational Technology, 59(3), 12–19.
Rahman, A. (2021). Spirit iqra’ dan konsep pendidikan sepanjang hayat. Jurnal Tarbawi, 8(1), 21–34.
Rahman, F., & Aziz, A. (2022). Etika digital dalam pendidikan Islam: Upaya pencegahan dampak negatif teknologi. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 201–214.
Rizal, M. (2023). Reorientasi perencanaan pendidikan Islam berbasis kebutuhan masyarakat. Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan, 8(1), 77–90.
Sari, N. (2023). Transformasi pembelajaran Islam berbasis digital. EduTech Journal, 12(1), 88–99.
Sholeh, M. (2019). Model pendidikan insan kamil: Integrasi dunia dan akhirat. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 200–212.
Suryana, A. (2023). Kompetensi global pada pendidikan Islam masa kini. Jurnal Global Education, 2(1), 59–72.
Tafsir, A. (2018). Ilmu pendidikan dalam perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yunus, M. (2020). Pengembangan profesionalitas guru melalui pelatihan berkelanjutan. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(3), 301–315.
Zuhdi, M. (2020). Nilai-nilai kepemimpinan dalam manajemen pendidikan Islam. Jurnal Admin Pendidikan Islam, 3(1), 11–25

