Wangsa : Journal of Education and Learning https://ejournal.mannawasalwa.ac.id/index.php/wangsa <p>Wangsa: Journal of Education and learning is an open, peer-reviewed online journal published six times a year (January, March, May, July, September, November) containing articles about all things that discuss education, starting from Mathematics and Natural Sciences education, Social Sciences education , Language Education, Educational Technology and so on. Teachers, lecturers, educators, practitioners and researchers are invited to discuss their research, experiences, ideas and perspectives in the field of education.</p> en-US ahmadlutfi@mannawasalwa.ac.id (Ahmad Lutfi) rifkiramadhan@mannawasalwa.ac.id (Rifki Ramadhan) Thu, 23 Oct 2025 22:25:21 +0700 OJS 3.1.2.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Self-Efficacy dalam Pembelajaran Matematika di Pondok Pesantren https://ejournal.mannawasalwa.ac.id/index.php/wangsa/article/view/568 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi makna self-efficacy santri dalam pembelajaran matematika di lingkungan pondok pesantren yang memiliki karakteristik kurikulum ganda, yaitu pendidikan agama dan pendidikan umum. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus, melibatkan 20 orang santri dari Pondok Pesantren Modern Nurul Iklas sebagai informan yang dipilih melalui teknik <em>purposive sampling</em>. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik analisis tematik menggunakan bantuan perangkat lunak NVivo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy santri terbentuk melalui dua dimensi utama, yakni faktor penguat dan faktor penghambat. Faktor penguat berupa pengalaman keberhasilan kecil, dukungan sosial dari ustadz dan teman sebaya, serta aspek religiusitas yang memberikan ketenangan batin, sementara faktor penghambat utamanya meliputi kecemasan akademik, dan metode pembelajaran yang monoton. Temuan ini menegaskan relevansi teori <em>self-efficacy </em>Bandura, sekaligus memperluasnya dengan konteks spiritual khas pondok pesantren. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah perlunya strategi pembelajaran di pondok pesantren yang lebih variatif, suportif, dan memberi ruang bagi santri untuk membangun pengalaman keberhasilan nyata, disertai penguatan aspek spiritual yang positif.</p> Alfizah Ayu Indria Sari, Ahmad Lutfi Copyright (c) 2025 Wangsa : Journal of Education and Learning https://ejournal.mannawasalwa.ac.id/index.php/wangsa/article/view/568 Tue, 30 Sep 2025 00:00:00 +0700 Penerapan Model Pembelajaran Reflektif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam https://ejournal.mannawasalwa.ac.id/index.php/wangsa/article/view/587 <p>Kemampuan berpikir kritis siswa Madrasah Aliyah dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) masih tergolong rendah karena metode pembelajaran yang digunakan guru cenderung monoton dan kurang menumbuhkan refleksi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran reflektif pada mata pelajaran SKI di MA Al-Yusriah Pangkalan Susu. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian terdiri atas 21 siswa kelas XI, yang meliputi 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes hasil belajar, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran reflektif dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan berpikir kritis siswa. Ketuntasan belajar meningkat dari 71,42% pada siklus I menjadi 85,71% pada siklus II. Temuan ini membuktikan bahwa model pembelajaran reflektif efektif dalam menumbuhkan partisipasi aktif dan berpikir kritis siswa pada pembelajaran SKI.</p> Nur Hafiza, Nurmisda Ramayani Copyright (c) 2025 Wangsa : Journal of Education and Learning https://ejournal.mannawasalwa.ac.id/index.php/wangsa/article/view/587 Tue, 30 Sep 2025 00:00:00 +0700