Self-Efficacy dalam Pembelajaran Matematika di Pondok Pesantren
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi makna self-efficacy santri dalam pembelajaran matematika di lingkungan pondok pesantren yang memiliki karakteristik kurikulum ganda, yaitu pendidikan agama dan pendidikan umum. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus, melibatkan 20 orang santri dari Pondok Pesantren Modern Nurul Iklas sebagai informan yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik analisis tematik menggunakan bantuan perangkat lunak NVivo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy santri terbentuk melalui dua dimensi utama, yakni faktor penguat dan faktor penghambat. Faktor penguat berupa pengalaman keberhasilan kecil, dukungan sosial dari ustadz dan teman sebaya, serta aspek religiusitas yang memberikan ketenangan batin, sementara faktor penghambat utamanya meliputi kecemasan akademik, dan metode pembelajaran yang monoton. Temuan ini menegaskan relevansi teori self-efficacy Bandura, sekaligus memperluasnya dengan konteks spiritual khas pondok pesantren. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah perlunya strategi pembelajaran di pondok pesantren yang lebih variatif, suportif, dan memberi ruang bagi santri untuk membangun pengalaman keberhasilan nyata, disertai penguatan aspek spiritual yang positif.
References
Ahn, H. S., & Bong, M. (2019). Self-Efficacy In Learning: Past, Present, And Future. In The Cambridge Handbook Of Motivation And Learning.
Ayu, A., Sari, I., & Lutfi, A. (2024). Pengaruh Self Efficacy Dan Kecemasan Matematis Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Statistika Ekonomi The Influence Of Self-Efficacy And Mathematical Anxiety On Student Learning Outcomes In Economic Statistics Courses. Edumatica:Jurnal Pendidikan Matematika, 14(March).
Bandura, A. (2012). On The Functional Properties Of Perceived Self-Efficacy Revisitedbandura, A. (2012). On The Functional Properties Of Perceived Self-Efficacy Revisited. Journal Of Management, 38(1), 9–44. Https://Doi.Org/10.1177/0149206311410606. Journal Of Management, 38(1).
Barzanji, M. Al, & Rahmat, T. (2023). Pengaruh Kecemasan Matematika Dan Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Ma Labuhanhaji Timur. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(3), 234–241. Https://Doi.Org/10.26877/Imajiner.V5i3.15368
Callaman, R. A., & Itaas, E. C. (2020). Students’ Mathematics Achievement In Mindanao Context: A Meta-Analysis. Jramathedu (Journal Of Research And Advances In Mathematics Education), 5(2). Https://Doi.Org/10.23917/Jramathedu.V5i2.10282
De La Cruz, A. (2022). The Influence Of Mathematical Test Anxiety And Self-Efficacy On Students’ Performance. March, 11–26. Www.Ujer.Org
Fathani, A. H. (2019). Pembelajaran Matematika Bagi Santri Pondok Pesantren Berbasis Kecerdasan Majemuk. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1). Https://Doi.Org/10.24176/Anargya.V2i1.3043
Indirwan, I., Suarni, W., & Priyatmo, D. (2021). Pentingnya Self-Efficacy Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Sublimapsi, 2(1). Https://Doi.Org/10.36709/Sublimapsi.V2i1.13055
Parmer, L. L. (2022). Student Self-Efficacy, Student Self-Esteem, And The Transformational Leadership Teaching Style. Journal Of Higher Education Theory And Practice, 22(11), 1–13. Https://Doi.Org/10.33423/Jhetp.V22i11.5406
Prifti, R. (2022). Self–Efficacy And Student Satisfaction In The Context Of Blended Learning Courses. Open Learning, 37(2), 111–125. Https://Doi.Org/10.1080/02680513.2020.1755642
Ramadhani, R., & Siregar, R. F. (2021). Analisis Self Efficacy Matematika Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. … Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1).
Samsuddin, A. F., & Heri Retnawati. (2022). Self-Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 17–26. Https://Doi.Org/10.36456/Buanamatematika.V12i1.5521
Sari, D. P., Yana, Y., & Wulandari, A. (2021). Pengaruh Self Efficacy Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Mts Al-Khairiyah Mampang Prapatan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan (Jip) Stkip Kusuma Negara, 13(1), 1–11. Https://Doi.Org/10.37640/Jip.V13i1.872
Sowanto, S., Mutmainnah, M., Saputra, H. A., & Andang, A. (2019). Kemampuan Self-Efficacy Mahasiswa Melalui Bahan Ajar Metode Statistika Menggunakan Hybrid Learning Pada Tantangan Revolusi Industri 4.0. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 3(2). Https://Doi.Org/10.33627/Sm.V3i2.245
Zeinnida, Q. L., Tsani, I., & Septiana, N. Z. (2022). Pengaruh Religiusitas Dan Efikasi Diri Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Di Ma Al-Huda. Edudeena : Journal Of Islamic Religious Education, 6(1), 48–56. Https://Doi.Org/10.30762/Ed.V6i1.118

