Pelaksanaan Pembelajaran Number Head Together Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

  • Diani Syahfitri Program Studi/Jurusan Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Jama’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura
  • Muhammad Al Fikri Ananda Program Studi/Jurusan Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Jama’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura
  • Nina Rahimi Program Studi/Jurusan Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Jama’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura
  • Lusiana Putri Program Studi/Jurusan Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Jama’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura
  • Hairina Hairina Program Studi/Jurusan Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Jama’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan metode pembelajaran Number Head Together dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pada siswa kelas XI di MAN 2 Langkat. Metode ini dipilih sebagai strategi pembelajaran kooperatif yang diharapkan dapat meningkatkan partisipasi aktif dan pemahaman siswa terhadap materi SKI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Problem Based Learning. Sampel penelitian terdiri dari 33 siswa kelas XI MAN 2 Langkat. Data dikumpulkan melalui metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bagaimana keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan yang telah diterapkan dikelas. Kesimpulannya, penerapan metode Numer Head Together dalam pembelajaran SKI dapat bisa diharapkan siswa bisa dalam aktif mengikuti kegiatan dalam metode tersebut. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan strategi pembelajaran aktif dalam mata pelajaran SKI di tingkat Madrasah Aliyah.

References

Al-Qur'an. (n.d.). The Noble Qur'an. Translated by Saheeh International

Fitria, L., & Ramadhan, A. (2021). An Analysis of Student Difficulties in Integrating Information in Project-Based Learning. International Journal of Education and Research, 9(3), 43-56.

Hadith: Al-Bukhari, M., & Muslim, I. (n.d.). Sahih Al-Bukhari & Sahih Muslim.

Hidayati, N., Suhartini, E., & Widianto, A. (2020). The Effect of Number Head Together on Students' Mathematics Learning Outcomes. Journal of Mathematics Education, 9(1), 85-94.

Irawan, F., & Hasan, M. (2020). Collaborative Learning: A Study on Student Engagement in Group Work. Journal of Educational Science, 12(2), 88-95.

Iskandar, S., & Supriyadi, S. (2021). The Influence of Collaborative Learning on Student Confidence and Learning Outcomes. Indonesian Journal of Education Research, 5(1), 29-35.

Kusuma, H. S., Sulistyowati, L., & Rahmat, M. (2021). Enhancing Student Engagement through Collaborative Learning Strategies. International Journal of Instruction, 14(4), 445-462.

Lestari, D. K., Riyadi, Y., & Sari, E. (2022). Challenges in Integrating Information during Group Discussions in Classroom Settings. Journal of Learning and Instruction, 27(2), 90-102.

Nisa, R., & Jannah, A. (2020). The Role of Collaborative Learning in Enhancing Student Confidence in Public Speaking. Indonesian Journal of Communication Studies, 5(2), 75-81.

Pahlavi, H., & Yuliati, N. (2021). Collaborative Learning and Student Performance: A Review of Current Literature. Journal of Learning Theory and Practice, 9(1), 67-80.

Rahmawati, R., & Widyanti, S. (2021). The Impact of Number Head Together on Student Learning Outcomes in Social Studies. Indonesian Journal of Social Studies, 14(3), 123-135.

Rahman, R., & Abdurrahman, M. (2022). Student Engagement in Collaborative Learning: A Case Study. International Journal of Education and Pedagogy, 5(2), 78-85.

Setiawan, R., & Sari, D. (2022). Improving Student Learning Outcomes through NHT Method in High School. Journal of Educational Research and Practice, 12(3), 201-210.

Widiastuti, A., Amalia, N., & Fitriani, R. (2023). Analyzing Student Challenges in Integrating Knowledge in Collaborative Learning. Journal of Education and Learning, 16(1), 50-58.

Yusof, N., & Rahman, S. (2022). The Influence of Interactive Learning on Student Self-Efficacy. International Journal of Educational Management, 36(4), 567-580.

Published
2024-09-30
How to Cite
Syahfitri, D., Al Fikri Ananda, M., Rahimi, N., Putri, L., & Hairina, H. (2024). Pelaksanaan Pembelajaran Number Head Together Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Wangsa : Journal of Education and Learning, 1(03), 118-125. Retrieved from https://ejournal.mannawasalwa.ac.id/index.php/wangsa/article/view/370