Pentingnya Media Pembelajaran Puzzle Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah (Mi)

  • Tuti Rezeki Awaliyah Siregar STAI jam'iyah mahmudiyah tanjung pura langkat
  • Artanti Dahlia STAI jam'iyah mahmudiyah tanjung pura langkat
  • M Witra Kusuma STAI jam'iyah mahmudiyah tanjung pura langkat
  • Nurlia Afni STAI jam'iyah mahmudiyah tanjung pura langkat
Keywords: Media Pembelajaran, Puzzle, Akidah Akhlak MI

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji bagaimana pentingnya penggunaan media pembelajaran Puzzle pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah studi pustaka (library reasearch). Peneliti mengumpulkan berbagai informasi yang relevan seperti buku, artikel ilmiah dan website kemudian mengkaji dan menarik sebuah Kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Puzzle akan memberikan manfaat yang signifikan terhadap minat dan hasil belajar peserta didik. Penggunaan media pembelajaran Puzzle tidak hanya membuat proses belajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan, tetapi juga merangsang kemampuan berpikir kritis dan analitis siswa.

References

Adisel, Adisel, Zetira Utari Aprilia, Ridwan Putra, and Teguh Prastiyo. 2022. “Komponen-Komponen Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran IPS.” Journal of Education and Instruction (JOEAI) 5 (1): 298–304. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3646.
Aghni, Rizqi Ilyasa. 2018. “Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akutansi.” Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia 16 (1).
Budi Antoro, Mekar Meilisa Amelia, Lukman Hakim dan Facrul Rozi. 2023. “Inovasi Media Pembelajaran Mtematika Menggunakan Puzzle Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN 062024 Medan.” Jurnal Madaniya 4 (1): 399–404.
Diani Syahfitri, Fahrunnisa, Tuti Rezeki Awaliyah Siregar, Wardati Khumaira. 2023. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Komik Untuk Meningkatkan Kreatifitas Anak Di SD IT Al-Anshar Tanjung Pura.” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10 (4): 742–55.
Enda Lovita Pandiangan, Tuti Rezeki Awaliyah Siregar, Farida Hanum, Firman Maulana. 2024. “Strategi Meningkatkan Sikap Disiplin Siswa Melalui Kegiatan Apel Pagi Di MIN 1 Langkat.” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11 (1): 193–99.
Enda Lovita Pandiangan, Tuti Rezeki, Emha Fidiyah Akhadi. 2021. “Analisis Tingkat Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Pada Wacana Narasi Di MI Bi Al Nazhar Tanjung Pura.” Cendikiawan: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 1 (2): 61–72.
Enda Lovita Pandiangan, Tuti Rezeki Awaliyah Siregar. 2022. “Memajukan Literasi Anak Melalui Strategi Membaca Menyenangkan.” FUSION: Pengabdian Kepada Masyarakat 1 (1): 45–51.
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Haryanto. 2017. “Penggunaan Media Puzzle Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak.” Jurnal Pendidikan Islam 3 (2).
Lestari, Yulita Dwi. 2023. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar.” Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan 16 (1): 73–80. https://doi.org/10.52217/lentera.v16i1.1081.
Mega Yuni Aryanti, Eva Luthfi Fakhrun Ahsani. 2022. “Penerapan Media Pembelajaran Puzzl Bangun Datar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV.” ALPEN: Jurnal Pendidikan Dasar 6 (2): 60–69.
Mujahiddin, Khoirul. 2019. Buku Siswa Akidah Akhlak MI Kelas III. Ketiga. Jakarta: Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Mulyasa, Endang. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyatiningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Perasada Press.
Rusman. 2018. Model-Model Pembelajaran. Kedua. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Setywan, Izzatul Jannah dan Agung. 2022. “Pemanfaatn Media Pembelajaran Papan Puzzle Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDN Bancaran 3 Bangkalan.” Jurnal Literasi Digital 2 (2): 124–31.
Supriyono. 2018. “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa.” Pendidikan Dasar II: 43–48.
Tuti Rezeki Awaliyah Siregar, Sukri Agustian. 2021. “Perkembangan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar Persepktif Gender.” NIZHAMIYAH 11 (1).
Wayan Widiana, Ndara Tanggu Rendra dan Ni Wayan Wulantari. 2019. “Media Pembelajaran Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sisea Kelas IV Pada Kompetensi Pengetahuan IPA.” Indonesia Jurnal Of Educational Research and Review 2 (3): 354–62.
Wulandari, Amelia Putri, Annisa Anastasia Salsabila, Karina Cahyani, Tsani Shofiah Nurazizah, and Zakiah Ulfiah. 2023. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Journal on Education 5 (2): 3928–36. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Published
2024-05-17
How to Cite
Rezeki Awaliyah Siregar, T., Dahlia, A., Witra Kusuma, M., & Afni, N. (2024). Pentingnya Media Pembelajaran Puzzle Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah (Mi). Wangsa : Journal of Education and Learning, 1(01), 65-74. Retrieved from https://ejournal.mannawasalwa.ac.id/index.php/wangsa/article/view/320