Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Ice Breking Serta Pengaplikasian Pembelajaran Outdoor

  • Diani Syahfitri STAI
  • Dila Aulia STAI jam'iyah mahmudiyah tanjung pura langkat
  • Imelia Imelia STAI jam'iyah mahmudiyah tanjung pura langkat
Keywords: Hasil Belajar Siswa, Ice Breaking, Outdoor Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan ice breaking sekaligus outdoor learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung dalam dua siklus tindakan. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V MIS MULTAHADA yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes hasil belajar siswa dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas V MIS MULTAHADA pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan. Sebelum tindakan nilai IPA yang dicapai saat UAS semester ganjil tergolong rendah, dengan jumlah 22 siswa, nilai KKM siswa untuk mata pelajaran IPA yaitu 75, siswa yang tuntas berjumlah 10 siswa dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 12 orang. Dan setelah dilakukan tindakan penerapan ice breaking dan pembelajaran outdoor terjadi peningkatan nilai IPA yang dicapai pada saat UTS dan UAS semester genap dengan jumlah 22 siswa, nilai KKM siswa untuk mata pelajaran IPA yaitu 75 tuntas semua.

References

Abdul Madjid. (2014). Strategi Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.
Anas, JA (2019). CJPE: Cokroaminoto Journal of Primary Education Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi PGSD. CJPE: Cokroaminoto Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 41–47.
Andini, NF (2018). Pengaruh Pembelajaran Outdoor Study Terhadap Sikap Kepedulian Lingkungan Bagi Mahasiswa S1. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 109–118.
Asmani, JM (2015). Sudahkah Anda menjadi guru berkarisma. Yogyakarta: Diva Press. Faijin, F., Nurmaya, A., & Muhamadiah, M. (2021). Efektivitas Penerapan Ice Breaking Untuk Mengatasi Kejenuhan Mahasiswa Dalam Pembelajaran BK Kelompok. Guiding World:
Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.33627/GW.V4I1.479 Husamah. (2011) halaman 11. Optimalisasi Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah
Menengah Berbasis Keterampilan Proses: Perspektif Guru IPA Biologi. Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan, 1(1), 69-81.
LIbao, NJP, Sagun, JJB, Tamangan, EA, Pattalitan, AP, Dupa, MED, & Bautista, RG (2016). Motivasi belajar sains sebagai korelasi prestasi akademik siswa. Jurnal Teknologi dan Pendidikan Sains, 6(3), 209–218. https://doi.org/10.3926/jotse.231
Pratama, F., Firman, & Neviyarni. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar IPA Siswa Terhadap Hasil. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286. Diambil dari https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Sardiman, AM (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada. Sogunro, OA (2015). Faktor-faktor yang Memotivasi Pembelajar Dewasa dalam Pendidikan Tinggi. Jurnal Internasional Pendidikan Tinggi, 4(1), 22–37.
https://doi.org/10.5430/ijhe.v4n1p22
Sulastri, U. (2014). Tips & Trik Ciptakan “WOW” di Sekolah. Luxima.
Sunarto. (2017) halaman 11. Pemecah Kebekuan dalam Pembelajaran Aktif. Yuma Pustaka.
Thomas, GJ, & Munge, B. (2017). Pedagogi kerja lapangan luar ruang yang inovatif di sektor pendidikan tinggi: Mengoptimalkan penggunaan teknologi. Jurnal Pendidikan Luar Ruang dan Lingkungan, 20(1), 7–13. https://doi.org/10.1007/BF03400998
Published
2024-05-17
How to Cite
Syahfitri, D., Aulia, D., & Imelia, I. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Ice Breking Serta Pengaplikasian Pembelajaran Outdoor. Wangsa : Journal of Education and Learning, 1(01), 75-82. Retrieved from https://ejournal.mannawasalwa.ac.id/index.php/wangsa/article/view/319