Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Aqidah Akhlak

  • Nur Hafiza STAI jam'iyah mahmudiyah tanjung pura langkat
  • Nuurun Ala Nuurin STAI jam'iyah mahmudiyah tanjung pura langkat
Keywords: Pembelajaran Simulasi, Prestasi Belajar, Aqidah Akhlak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran dilakukan dengan menggunakan metode simulasi di MTS Al-Washliyah dan implikasinya. Metode penelitian ini kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi; selain itu, teknik analisis data digunakan untuk mengurangi data, menyajikan data, memverifikasi data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini membahas bagaimana menggunakan metode pembelajaran simulasi dalam pelajaran akidah akhlak di MTS Al-Washliyah. Penelitian ini membahas langkah-langkah yang diperlukan untuk menggunakan metode simulasi, persiapan yang diperlukan untuk menggunakan metode simulasi, penerapan metode simulasi pada mata pelajaran akidah akhlak, pengelolaan pembelajaran untuk menarik siswa ke dalam kelas, dan evaluasi pembelajaran simulasi. Salah satu konsekuensi dari penggunaan metode simulasi dalam pembelajaran Akidah. Akhlak di MTS Al-Washliyah adalah bahwa, pertama-tama, penggunaan metode simulasi dalam pembelajaran Akidah Akhlak memiliki potensi untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam kelas. Dua meningkatkan pemahaman siswa tentang materi Akidah Akhlak, tiga mengajarkan siswa untuk bekerja sama dalam memecahkan masalah, dan kelima meningkatkan prestasi belajar siswa.

References

Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Ciputat Press. 2002.

AR Zaharuddin, Hasanuddin . Pengantar Studi Akhlak, Raja Grafindo Persada. 2004.

Budiana HR, Sjafirah NA, Bakti I. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bagi para guru SMPN 2 Kawali desa Citeureup kabupaten Ciamis. Dharmakarya. 2015;4(1).

Dolong J. Teknik analisis dalam komponen pembelajaran. J Inspiratif Pendidik. 2016;5(2):293–300.

Kunandar.Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. PT. Rajawali Pers. 2010.

Lafamane F. Metode Pembelajaran (Pendapat Para Ahli). 2020.

Manizar E. Peran guru sebagai motivator dalam belajar. Tadrib. 2015;1(2):204–22.

Moleong LJ, Edisi P. Metodelogi penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya. 2004;

Muhaimin, Abdul. Strategi Belajar Mengajar, Citra Media. 2006.

Raharjo SB. Pendidikan karakter sebagai upaya menciptakan akhlak mulia. J Pendidik dan Kebud. 2010;16(3):229–38.

Rosihan, Saehudin. Akidah Akhlak, Cet. I. CV Pustaka Setia. 2016.

Rusman.Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. RajawaaliPers . 2011.

Semiawan CR. Metode penelitian kualitatif. Grasindo; 2010.

Siadi K, Mursiti S, Laelly IN. Komparasi hasil belajar kimia antara siswa yang diberi metode drill dengan resitasi. J Inov Pendidik Kim. 2009;3(1).

Sri Anitah, Strategi Pembelajaran , Universitas Terbuka. 2007.

Wina.strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Kencana.2010.

Published
2024-07-24
How to Cite
Hafiza, N., & Ala Nuurin, N. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Aqidah Akhlak. Wangsa : Journal of Education and Learning, 1(02), 111-117. Retrieved from https://ejournal.mannawasalwa.ac.id/index.php/wangsa/article/view/317