Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Penafsiran Siswa Dalam Proses Pembelajaran Al-Qur'an Dan Hadits Di Sekolah

  • M Haris Munandar Ritonga STAI jam'iyah mahmudiyah tanjung pura langkat
  • Nurleli Maulida STAI jam'iyah mahmudiyah tanjung pura langkat
Keywords: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran, Inquiry Based Learning

Abstract

Tujuan dari tulisan ini adalah untuk memberikan penjelasan tentang metode Mind Mapping, termasuk bagaimana seorang guru Al-Qur'an Hadist menerapkan teknik ini kepada siswanya. Penulisan jenis ini menggunakan Metode Pustaka, yang berasal dari buku, jurnal, dan artikel. Metode pengumpulan data ini melibatkan analisis sumber yang dikumpulkan, termasuk redaksi, penyajian, dan penarik kesimpulan. Hasilnya menunjukkan bahwa metode pemetaan pikiran dapat membantu siswa belajar menyusun dan menyimpan data. Selain itu, menerapkan metode ini dapat membantu mereka mengembangkan kreativitas mereka dan menghindari kebosanan dalam belajar. Teknik pemetaan pikiran adalah metode terbaik untuk mempelajari Al-Qur'an dan Hadits karena siswa dapat dengan mudah mengikuti pelajaran dan mempertahankan apa yang diajarkan. Instruksi diberikan oleh seorang instruktur. Selain itu, telah terbukti bahwa teknik pemetaan pikiran meningkatkan keterampilan siswa, retensi pengetahuan, dan hasil kreatif.

References

Aprinawati Iis, (2018), Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk

Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Basecedu, 2(1). Darusman, (2014), Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP, Infinity Journal, 3(2).

Fadhilaturrahmi, (2017), Penerapan metode Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa semester Lia PGSD, jurnal cendekia : jurnal pendidikan matematika, 1(1).

Fatmawati Wiwik, (2019), Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Siswa Kelas 1 Pada Pembelajaran Matematika Materi Operasi Hitung di SDN Kepatihan 05 Jember, Kadikma, 10(2).

Hidayat Heri, (2020), Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Jurnal Pendidikan, 21(1).

Ikhwan Afiful, (2016), Manajemen Perencanaan Pendidikan Islam, (Kajian Tematik AlQur’an dan hadist), Jurnal Edukasi, 4(1).

Karim Abdul, (2017), Efektivitas Penggunaan Metode Mind Map Pada Pelatihan Pengembangan Penguasaan Materi Pembelajaran, Jurnal of Social Science Teaching, 1(1).

Karim Abdul, (2017), Efektivitas Penggunaan Metode Mind Map Pada Pelatihan Pengembangan Penguasaan Materi Pembelajaran, Jurnal of Social Science Teaching, 1(1).

Fatmawati Wiwik, (2019), Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Siswa Kelas 1 Pada Pembelajaran Matematika Materi Operasi Hitung di SDN Kepatihan 05 Jember, Kadikma, 10(2).

Nina Gantian Kustian, (2021), Penggunaan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1).

Rahmat, (2019), metode pembelajaran Pendidikan agama Islam konteks kurikulum 2013, Yogyakarta: Bening Pustaka. Swedarma Doni, (2013),

Penerapan Mind Mapping Dalam Kurikulum Pembelajaran, Jakarta, PT Elex Media Komputindo. Warseno, (2011), Super Learning : Praktek Belajar Mengajar yang Serba Efektif dan Mencerdaskan, Yogyakarta:diva.

Zed Mestika, (2014), Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Published
2024-09-30
How to Cite
Haris Munandar Ritonga, M., & Maulida, N. (2024). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Penafsiran Siswa Dalam Proses Pembelajaran Al-Qur’an Dan Hadits Di Sekolah. Wangsa : Journal of Education and Learning, 1(03), 105-110. Retrieved from https://ejournal.mannawasalwa.ac.id/index.php/wangsa/article/view/316