Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Inquiry Based Learning

  • Riski Damayanti STAI jam'iyah mahmudiyah tanjung pura langkat
  • Salsabila Salsabila STAI jam'iyah mahmudiyah tanjung pura langkat
Keywords: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran, Inquiry Based Learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas X MAS Al Washliyah P. Berandan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis pertanyaan pada mata pelajaran PAI. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dua siklus (perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi) digunakan. Penelitian dilakukan di MAS Al Washliyah P. Berandan dan dimulai pada bulan Mei 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis pertanyaan berhasil meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Ini terbukti dengan peningkatan rata-rata skor observasi aktivitas berpikir kritis dan nilai tes siswa dari siklus I ke siklus II. Penggunaan metode ini membuat siswa lebih terlibat dan kritis dalam proses pembelajaran, yang memungkinkan mereka untuk secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka.

References

Anam, K. (2015). Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Indonesia, R. (2014). Undang-Undang RI No.20 Thn.2003 tentang System Pendidikan Nasional, BAB 1, Pasal 1. Jakarta : Sinar Grafika.

Madya, S. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.

Sani, R. A. (2017). Pembelajaran Saintifik. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H. B. (2010). Profesi Kependidikan, Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan diIndonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Published
2024-07-20
How to Cite
Damayanti, R., & Salsabila, S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Inquiry Based Learning . Wangsa : Journal of Education and Learning, 1(02), 88-94. Retrieved from https://ejournal.mannawasalwa.ac.id/index.php/wangsa/article/view/312