Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa
Abstract
Hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam rendah karena pendidik masih menggunakan metode yang membuat peserta didik jenuh, seperti ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Akibatnya, peserta didik jenuh dan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam rendah. Oleh karena itu, model pembelajaran harus berubah dan menarik perhatian peserta didik. Dalam bidang ilmu pengetahuan Islam, pelajaran tentang sejarah kebudayaan Islam merupakan topik yang sangat penting. Dalam penelitian ini, model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) akan digunakan. Model ini akan disesuaikan dengan gaya berpikir, kecerdasan ganda, dan kreatifitas peserta. untuk mengeksplorasi bakat, potensi, kecerdikan, dan kekreatifan seseorang siswa. Dunia pendidikan membutuhkan banyak model pembelajaran. Salah satunya adalah model pembelajaran yang diterapkan guru pada siswa. Saat ini, kita melihat banyak siswa yang hanya mempelajari tentang materi kontekstual. Peserta didik hanya mementingkan nilai kognitif yang positif tanpa mempengaruhi sikap belajar mereka. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Turnamen Tim (TGT) mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas VIII MTs Sinar Islami Bingai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Siswa di kelas VII MTS Sinar Islami Bingai adalah subjek penelitian ini. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VIII MTs Sinar Islami Bingai telah meningkat, naik dari 45% pada siklus 1 menjadi 88,6% pada siklus 2. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran Turnamen Pertandingan Tim (TGT) memiliki dampak pada hasil belajar siswa.