Peningkatan Hasil Belajar Melalui Metode Examples Non Examples Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode contoh tidak contoh dalam pembelajaran Al Qur'an dan Hadits, serta masalah dan solusinya. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif dan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Namun, analisis data dilakukan dalam tiga tahap, yaitu pengurangan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode contoh tidak contoh digunakan di kelas IV MIS TPI Sei Bamban. 1) Guru membuat gambar yang berkaitan dengan materi, 2) memberikan penjelasan tentang materi tersebut, 3) menunjukkan gambar kepada siswa, 4) memperkenalkan bangun ruang menggunakan gambar dan membandingkannya dengan gambar bangun datar, dan 5) melakukan evaluasi. Metode contoh non-contoh di MIS TPI Sei Bamban menghadapi kendala karena membutuhkan banyak waktu dan tidak semua meateri dapat menggunakan gambar. Guru berusaha mengatasi masalah ini dengan menambah waktu pembelajaran, menggunakan waktu kosong, dan mengubah pendekatan pembelajaran.