Meningkatkan Kemampuan Komputasi Siswa Melalui Manipulasi Representasi Nilai phi
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui peningkatan ketertarikan siswa menyelesaikan soal bangun ruang sisi lengkung yang melibatkan bilangan dan menyelidiki peningkatan kemampuan komputasi siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi lengkung yang melibatkan bilangan . Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK). Langkah-langkah penelitian yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Siswa lebih tertarik menggunakan manipulasi representasi nilai phi untuk menyelesaikan soal perbandingan volume atau luas bangun ruang sisi lengkung, sedangkan untuk menghitung valome gabungan antara tabung, kerucut, atau bola mereka kurang tertarik meskipun mereka mengakui cara tersebut membantu mereka dalam melakukan penghitungan. Manipulasi representasi nilai phi mampu meningkatkan kemampuan komputasi siswa Manipulasi representasi nilai phi mampu mempercepat siswa dalam menyelesaikan soal mengenai bangun ruang sisi lengkung.