Peran Ekonomi Kreatif dalam Pengembangan UMKM di Indonesia

  • Radiatul aini stes manna wa salwa

Abstrak

Ekonomi kreatif merupakan inovasi baru dalam kegiatan ekonomi yang melibatkan kreativitas, inovasi dan pembaruan yang mulai diterapkan oleh para pelaku UMKM di Indonesia sebagai bentuk usaha dalam mengembangkan usahanya. UMKM yang maju dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran ekonomi kreatif dalam pengembangan UMKM di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan atau tinjauan literatur. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data sekunder , melalui studi pustaka untuk membangun landasan teori dengan membaca buku referensi, jurnal penelitian, artikel dan penelusuran internet. Hasil analisis menunjukkan bahwa ekonomi kreatif memiliki peranan penting dalam pengembangan UMKM terutama pada kondisi global saat ini. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai data awal untuk peneliti berikutnya dalam mengkaji permasalahan ini dalam konteks dan isu yang berbeda.

Referensi

Ambarwati, A., & Sobari, I. S. (2020). Membangun Jiwa Kewirausahaan Di Era Milenial Bagi ahasiswa Institut Stiami Kampus Tangerang Selatan. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 140–144. https://doi.org/10.31334/jks.v2i2.736
Arivetullatif, A., & Ardina, G. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah Berbasis Ekonomi Kreatif Di Kota Pariaman. Ensiklopedia of Journal, 4(4), 364–371. https://doi.org/10.33559/eoj.v4i4.888
Avianto, B. N., Durmasema, A. R., Pratama, A. Y. N., & Rendisky, J. (2020). Statistik Ekonomi Kreatif 2020. In Pusat Data dan Sistem Informasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. www.kemenparekraf.go.id
Azwina, R., Atika, A., & Dharma, B. (2023). Peran Ekonomi Kreatif terhadap Penyerapan Tenaga Kerja dan Peningkatan Pendapatan Pelaku Industri Kreatif Dalam Perspektif Ekonomi Islam di Kota Medan. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 3680–3699. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i6.4157
Basri, A. I. (2022). Bahan Ajar Ekonomi Kreatif. 1, 1–153.
Bimantara, A. R., Hidayat, W., & Suliswanto, M. S. W. (2021). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi JIE, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.22219/jie.v4i1.9189
Budiman, N. A., & Delima, Z. M. (2017). PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA UMKM (Studi Kasus pada UMKM di Kabupaten Kudus) Zuliyati 1. Universitas Budi Luhur, 6(2), 181–200.
Damanik, A. S., & Sabila, R. (2022). Dampak Peranan Ekonomi Kreatif Terhadap Pengembangan Umkm Di Masa Transisi (Cafe Lookup Kota Tasikmalaya). Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(5), 111–120. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i5.174
Dr. Muhammad Mudjib Musta’in, M. S. D. (2022). ekonomi kreatif berbasis digital dan kemandirian masyarakat era society 5.0 Editor: Agung Anggoro Seto (Issue March).
Harjawati, T. (2020). Model Pengembangan Industri Kreatif Berbasis Syariah Di Provinsi Banten. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 1(2), 187. https://doi.org/10.31000/almaal.v1i2.1934
Hasmita. (2014). Program studi ilmu administrasi negara fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas sultan ageng tirtayasa 2014. 1–74.
Iskandar, A., Fayadi, H., & Meldi Kesuma, T. (2022). Peta Jalan Pengembangan Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Promosi Dan Pemasaran Destinasi Wisata Kota Sabang. Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 3(1), 190–199. https://doi.org/10.51353/kvg.v3i1.609
Mursito, H. (2020). sosial media sebagai upaya peningkatan penjualan produk UKM (Studi Kasus di SMESCO Jakarta). Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 4(2), 41. https://doi.org/10.32493/pekobis.v4i2.p41-47.3949
Polnaya, G. A., & Darwanto. (2015). Pengembangan Ekonomi Lokal Untuk Meningkatkan Daya Saing Pada Ukm Ekonomi Kreatif Batik Bakaran Di Pati, Jawa Tengah. Unisbank, 22(1), 1–10. file:///C:/Users/mariyatul kiftia/Downloads/4118-Article Text-2580-1-10-20160524.pdf
Wahyuningsih, S., & Satriani, D. (2019). Pendekatan Ekonomi Kreatif Terhadap Pertumbuhan Ekonomi. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 195–205. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i2.172
Zamzami, Z., & Hastuti, D. (2018). Determinan penerimaan daerah dan pertumbuhan ekonomi terhadap pengembangan ekonomi kreatif di Provinsi Jambi. Jurnal Paradigma Ekonomika, 13(1), 37–45. https://doi.org/10.22437/paradigma.v13i1.4903
Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja, dan turunannya berupa PP 7/2021 tentang kemudahan, perlindungan dan pemberdayaan koperasi dan UMKM melalui penguatan inkubator wirausaha
Diterbitkan
2023-12-31
Bagian
Articles