Penerapan Metode Role Palying Dalam Pembelajran Pai Untuk Meningkatkan Kemampuan Hafalan Siswa Pada Siswa Kelas Vii Mtss Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur'an siswa kelas VII MTsS Jam’iyah Mahmudiyah melalui metode Role Playing. Penelitian menggunakan pendekatan tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan dua siklus, setiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada pra-siklus, hanya 31% siswa yang mencapai ketuntasan dengan KKM 75. Setelah penerapan metode Role Playing pada siklus I, ketuntasan meningkat menjadi 71%. Pada siklus II, persentase ketuntasan meningkat signifikan hingga 91%. Hasil ini menunjukkan bahwa metode Role Playing efektif dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur'an siswa, meningkatkan partisipasi aktif, dan motivasi belajar mereka.
References
Madya, S. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 151.
Mahyudin. (2018). Tafsir Tarbawi Kajian Ayat-Ayat Al-Qur’an dengan Tafsir Pendidikan. Jakarta: Kalam Mulia.
Nata, A. (2003). Kapita Selekta Pendidikan Islam . Bandung: Angkasa.
Rusydiyah, A. M. (2017). Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.