Peningkatan Kemampuan Bepikir Kritis Melalui Model Creative Problem Solving Pada Bidang Studi Al-Qur’an Hadits Pada Siswa Kelas VII Mts Swasta Al Kalam Tanjung Pura

  • Saleha Leha STAI jam'iyah mahmudiyah tanjung pura langkat
  • Uswatun Hasanah STAI jam'iyah mahmudiyah tanjung pura langkat
Keywords: Creative Problem Solving, Berfikir Kritis, Al-Quran, Hadist

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model Creative Problem Solving pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VII MTs Swasta Al Kalam Tanjung Pura. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Lokasi penelitian di MTs Swasta Al Kalam Tanjung Pura dan dilaksanakan pada bulan Mei 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Creative Problem Solving berhasil meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, yang terlihat dari peningkatan rata-rata skor observasi aktivitas berpikir kritis dan nilai tes siswa dari siklus I ke siklus II. Penggunaan metode ini membuat siswa lebih aktif, kritis, dan terlibat dalam proses pembelajaran, sehingga mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis mereka secara signifikan.

References

Al-Qur’an-Hadis/Kementrian Agama, Buku Siswa Al-Qur’an-Hadis Madrasah Tsanawiyah, Jakarta: Kementrian Agama, 2014.
Edward de Bono, Revolusi Berpikir Edward de Bono Mengajari Anak Anda Berpikir Canggih Dan Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Dan Memantikkan Ide-Ide Baru Bandung: Kaifa, 2007.
Iriani, Tuti dan M. Agphin Ramadhan, Perencanaan Pembelajaran untuk Kejuruan, Jakarta: Kencana, 2019
Mumtahanah, Nurotun, “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Metode Cooperative Learning dalam Pembelajaran PAI,” Al-Hikmah Jurnal Studi Keislaman 3, no. 1 (2013).
Nafi, Muhammad, Wawancara Pribadi, Selaku Guru Al-Qur’an Hadits, 13 agustus 2021.
Nurotun Mumtahanah, “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Metode Cooperative Learning dalam Pembelajaran PAI,” Al-Hikmah Jurnal Studi Keislaman 3, no. 1 2013.
Nurotun Mumtahanah, “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Metode Cooperative Learning dalam Pembelajaran PAI,” Al-Hikmah Jurnal Studi Keislaman 3, no. 1, 2013.
Sani, Ridwan Abdullah, Pembelajaran Berbasis HOTS (Highr Order Thinking Skills), Tangerang: Tira Smart, 2019.
Sihotang, Kasdin, Berpikir Kritis Kecakapan Di Era Digital, Sleman: Kanisius, 2019.
Syafei, Isop, “Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa,” Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi 2, no. 2 2015.
Syaihk fuhaim Musthafa, Kurikulum Pendidikan Anak Muslim, Surabaya: Pustaka Elba, 2010.
Yeti Nurizzati, “Upaya Mengembangkan kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Mahasiswa IPS”, Jurnal Edueksos 1, no. 2, 2012.
Published
2024-06-30