Implementasi Metode Project Oriented Problem Based Learning (POPBL) pada Mata Pelajaran Fiqih untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa di kelas VIII MTs Teladan Gebang
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh situasi pendidikan yang mengharuskan untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman. Saat ini, proses pembelajaran pendidikan 4.0 mengakomodasi kemampuan utama abad 21 atau seringkali dikenal dengan 4Cs 21st Century Skills dengan salah satunya ialah kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah, terutama pada mata pelajaran fiqih yang membutuhkan kemampuan tersebut, sebab fiqih merupakan mata pelajaran yang membahas tentang ibadah dan segala hukum yang ada dalam ajaran agama Islam. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta hasil belajar siswa melalui implementasi metode Project Oriented Problem Based Learning (POPBL). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian sebanyak 36 siswa kelas VIII2 (Maliki) MTs Teladan Gebang. Hasil penelitian yang dilakukan dengan upaya 2 siklus menunjukkan peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa secara efektif dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan aktifnya keterlibatan siswa dalam suasana belajar yang menyenangkan Berdasarkan hasil tersebut, dapat diamil kesimpulan bahwa metode POPBL dapat diterapkan secara berkelanjutan dan dikembangkan lebih lanjut untuk memaksimalkan potensi siswa dalam berpikir kritis dan pemahaman materi.