Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Experimental Learning
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Experiential Learning dan mendeskripsikan efektivitas penerapan model Experiential Learning untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar pada mata pelajaranAKIDAH AKHLAK MTS AN NADIA. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX MTS AN NADIA semester akhir tahun 2023/2024. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi model Experiential Learning, lembar observasi tanggung jawab, dan test hasil belajar. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Experiential Learning dapat meningkatan tanggung jawab, prestasi belajar dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran AKIDAH AKHLAK Kelas 9 An Nadia
References
Ihsan hamdani, A Fuad Ihsan. (2007). Filsafat pendidikan islam, Bandung pustaka setia
Sudjana nada 2015 dasar-dasar proses belajar mengajar Bandung Sinar Baru algesindo
Musdalifah debi, (2019) metode experiental learning dalam pembelajaran akidah akhlak di SMA An Nuriyyah buniayu, (journal of islamic education Research, volume no 01
Oemar hamalik. (2010). Proses belajar mengajar Jakarta bumi aksara
Sardiman 2011 interaksi dan motivasi belajar mengajar Jakarta Raja gravindo Persada