Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Experimental Learning

  • Nur Aisyah STAI jam'iyah mahmudiyah tanjung pura langkat
  • Jamilah Jamilah STAI jam'iyah mahmudiyah tanjung pura langkat
Keywords: Model Experiential Learning, Tanggung Jawab, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Experiential Learning dan mendeskripsikan efektivitas penerapan model Experiential Learning untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar pada mata pelajaranAKIDAH AKHLAK MTS AN NADIA. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX MTS AN NADIA semester akhir tahun 2023/2024. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi model Experiential Learning, lembar observasi tanggung jawab, dan test hasil belajar. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Experiential Learning dapat meningkatan tanggung jawab, prestasi belajar dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran AKIDAH AKHLAK Kelas 9 An Nadia

References

Ihsan hamdani, A Fuad Ihsan. (2007). Filsafat pendidikan islam, Bandung pustaka setia

Sudjana nada 2015 dasar-dasar proses belajar mengajar Bandung Sinar Baru algesindo

Musdalifah debi, (2019) metode experiental learning dalam pembelajaran akidah akhlak di SMA An Nuriyyah buniayu, (journal of islamic education Research, volume no 01

Oemar hamalik. (2010). Proses belajar mengajar Jakarta bumi aksara

Sardiman 2011 interaksi dan motivasi belajar mengajar Jakarta Raja gravindo Persada

Published
2024-06-30