Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTS Nurul Huda Pematang Cengal
Abstract
Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan semangat mereka untuk belajar tentang Akidah Akhlak adalah dengan menggunakan model pembelajaran tanya jawab mata pelajaran Akidah Akhlak Materi Adab Bergaul Dengan Saudara dan Teman Kelas VII di MTs Nurul Huda Pematang Cengal. Dalam penelitian jenis PTK ini, ada dua siklus. Dalam setiap siklus, beberapa komponen PTK harus diperhatikan: perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi. Metode pengumpulan data termasuk observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Metode analisis menggunakan alat pengumpulan, pengurangan, dan penyampaian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran pertanyaan membantu siswa mencapai hasil belajar terbaik. Jika pembelajaran dilakukan dalam konteks atau menggunakan model pembelajaran kreatif, pengetahuan akan bermakna bagi siswa. Dengan menggunakan Model Pembelajaran Inquiry, hasil belajar tentang Akidah Akhlak peserta didik meningkat setiap siklus, dengan persentase jumlah siswa yang sudah tuntas atau mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Pada siklus I, hasil belajar siswa meningkat menjadi 58% dengan nilai rata-rata 74,4, sedangkan pada siklus II, hasil belajar siswa meningkat menjadi 91% dengan nilai rata-rata 81,9. Akibatnya, penerapan model pembelajaran pertanyaan dapat dianggap berhasil dan meningkatkan hasil belajar siswa tentang akidah akhlak.
References
Firdaos (2015) Orientasi Pedagogik Dan Orientasi Sosial Budaya Terhadap Kemajuan Ilmu Pendidikan Dan Teknologi, Al-Tadzkiyyah : Jurnal Pendidikan Islam, Vol 6, No 1
Kurniawan, Andri et.al (2022)., Manajemen pendidikan Dalam Rangka Peningkatan KualitasSumber Daya Manusia, Jawa Barat: Yayasan Wiyata Bestari Samasta
Masfaratna (2022) Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Simulasi Phot Meningkatkan Hasil Belajar, NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia
Swadaya, Niaga (2018) Belajar Secara Efektif, CV Jejak
Herliani, Didimus Tnah Boleng dan Elsye Theodora Maasawet (2021) Teori Belajar Dan Pembelajaran Jawa Tengah: Lakeisha