Peningkatan Pemahaman Konsep Akhlak Mulia Melalui Penerapan Metode Diskusi Kelompok
Abstract
Peneliti mengidentifikasi beberapa permasalahan dalam Pemberlajaran yaitu: Rendahnya keterlibatan siswa secara langsung, yang memungkinkan setiap anggota untuk menguji pengetahuan dan pemahaman mereka tentang materi tersebut, Pembelajaran yang terkesan monoton sehingga materi yang ingin disampaikan mengurangi minat siswa untuk berusaha menggalinya 3. Kurangnya kemampuan komunikasi dan kerja sama antar satu siswa dengan siswa yang lainnyaBerdasarkan teori belajar dan media pembelajaran, permasalahan yang terjadi kelas IX SMP Al Falah perlu diselesaikan melalui tindakan guru berupa penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran akidah. Dengan menggunakan metode diskusi memungkinkan dapat membangkitkan rasa ingin tahu siswa lebih jauh terhadap materi pelajaran Di samping itu, metode diskusi digunakan dalam rangka pembelajaran kelompok atau kerja kelompok yang didalamnya melibatkan beberapa orang siswa untuk menyelesaikan pekerjaan, tugas atau permasalahan.Penelitian ini berhasil karena rata-rata nilai tes hasil belajar siswa pada hari akhir di atas nilai KKM, yaitu 65 dan siswa yang mendapat nilai di atas KKM minimal sebanyak 70%. Pada akhir Siklus II diperoleh data: rata-rata hasil belajar siswa 88,9 dan jumlah siswa yang sudah tuntas ada 27 anak 96,43%., dan yang belum tuntas 1 anak (3,57%). Guru hendaknya melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, membantu siswa menggunakan alat peraga. selalu membangkitkan motivasi siswa, memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi walaupun dalam bentuk pujian. Siswa harus selalu semangat untuk belajar. jangan takut belajar Akidah karena mempelajari tersebut mudah di fahami dan menjadi tuntutan sebagai umat muslim, harus aktif dalam mengikuti pembelajaran.