Analisis Strategi Promotion Mix Dalam Meningkatkan Jumlah Tabungan Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam

  • Nehri Hayati Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, Indonesia
  • Yawurman Mansur Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, Indonesia
  • Okta Viati Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Manna Wa Salwa Tanah Datar Sumbar, Indonesia
  • Yasri Yasri Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Manna Wa Salwa Tanah Datar Sumbar, Indonesia
Keywords: Promotion Mix, Tabungan, Etika Bisnis Islam

Abstract

Bank merupakan Lembaga keuangan yang mempunyai peranan penting dalam mendorong pertumbuhan perekonomian, bank berfungsi sebagai intermediasi antara bank dengan nasabah.Tugas bank menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat,bank memiliki produk tabungan, yang mana nasabah yang menabung di BPRS Haji Miskin adalah dari masyarakat golongan petani, pelajar, mahasiswa maupun masyarakat yang bekerja swasta. Strategi promosi yang dilakukan BPRS Haji Miskin yaitu menggunakan advertising (periklanan), sales promosion (promosi penjualan), personal selling (penjualan pribadi) dan publisitas (mempublikasikan tentang perusahaan).

Adapun masalahnya, strategi pemasaran bank syariah lain lebih menarik. Promosi meningkatkan jumlah tabungan di BPRS Haji Miskin Pandai Sikek, tetapi kekurangan tenaga kerja untuk kegiatan promosi membuat BPRS Haji Miskin belum mencapai targetnya. Selain itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan metode promosi campuran yang dapat membantu meningkatkan jumlah tabungan dan untuk menentukan bagaimana promosi dapat dilakukan sesuai dengan etika bisnis Islam. Analisis SWOT (IFE dan EFE), analisis matriks SWOT, dan analisis table bobot SWOT adalah metode analisis data yang digunakan dalam penelitian deskriptif kualitatif.

Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa strategi SO (Strenghts and Opportunity) adalah kekuatan dan peluang secara nyata, dengan skor total 2,23+2,34=4,57, yang menunjukkan bahwa PT. BPRS Haji Miskin telah meningkatkan strategi promosi campuran dengan menggunakan strategi SO, yang menggunakan kekuatan untuk merebut peluang.PT.BPRS Haji Miskin menerapkan etika bisnis dengan menerapkan nilai-nilai promosi Islam, seperti melakukan promosi secara transparan, jujur dalam mempromosikan produk, dan menerapkan keadilan.

References

A. Adiwarman Karim 2013. Bank Islam, Jakarta: PT Raja Gafindo Persada.
Al Arif Nur M. Rianto 2012 Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah, Bandung: Alfa Beta.
Aziz Abdul. 2013. Erika Bisnis Perspektif Islam, Bandung; Alfa Beta.
Agus Arijanto.2012. Etika Bisnis Bagi Pelaku Bisms, Jakarta: Rajawali Pers.
Alma Buchari. 2014. Manajemen Bisnis Syariah, Bandung: Alfabeta.
Amrin Abdullah. 2007. Strategi Pemasaran Asuransi Syariah, Jakarta: PT Grasindo Anggota Ikapi.
Bertens K. 2000. Pengantar Etika Bisnis, Yogyakarta: Kanisius.
Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Kantor Pusat Pandai Sikek.
Fahmi Irham 2014. Manajemen Teori Kasus dan Solusi, Bandung: Alfabeta
Ismail.2011. Manajemen Perbankam, Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Imam Sentot Wahjono. 2013, Manajemen Pemasaran Bank, Yogyakarta :Ghara ilmu.
Journal ippmunındra ac id/redefenisi-bauran-pemasaran(marketing mix) darı 4P ke 4C.
Kasmir 2015. Dasar-duvar Perbankan, Jakarta: Rajawali Pers.
Kotler Philip. 1998 Manajemen Pemasaran, Jakarta: Prenhallindo.
Kevin Lane Keller dan Philip Kotler. 2009. Manajemen Pemasarn edisi Tiga Belas Jilid 1,Erlangga.
Laksana Fajar 2008. Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: Graha ilmu.
Lupiodi Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba Empat.
Muhammad. 2015. Manajemen Dana Bank Syariah, Jalarta Rajawali Pers Usman Halim Abdul. 2015. Manajemen Strategis Syariah Teori, Konsep dan Aplikasi, Jakarta PT Bestari Buana Murni
Rangkuti Freddy. 2004. Analisis SWOT: Teknik Membahas Kamus Bisnis, Jakarta Gramedia Pustaka Utama.
Sutarno. 2012. Serba-serbi Manajemen Bisnis Yogyakarta Graha Ilmu Wiludjeng Sri. 2007. Pengantar Manajemen, Yogyakarta: Graha Ilmu. Wawancara dengan Bapak Direktur PT. BPRS Haji Miskin Pandai Sikek. Zen Abdurahman. 2011. Strategi Jenius Marketing, Jogyakarta: Diva Pers .
http://akmalaziz wordpress.com/18/03/2018/pemasaran-dalam-perspektif-Islam. http://www.rumahfiqih.com/18/03/2018/konsep-produk-menurut perspektif-hukum- islam.
Published
2024-03-31