Transformasi Digital Industri Perbankan Syariah Indonesia

Abstrak

Transformasi digital banking menjadi isu penting dalam industri perbankan saat ini. Disrupsi digital telah mengubah cara orang melakukan bisnis dan bertransaksi. Namun demikian masih banyak persoalan yang dihadapi dalam melakukan transformasi digital. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis proses transformasi digital ada industri Perbankan Syariah di Indonesia  dan dampaknya terhadap perkembangan  dan pertumbuhan bank syariah. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan Systematic Literature Review. Data dikumpulkan dari referensi literatur ilmiah, buku dan laporan dari lebaga resmi. Hasil penelitian menujukan bahwa proses akserelasi  transformasi digital pada perbankan syariah dipercepat dengan adanya pandemic covid-19. Kondisi ini mengharuskan perbankan syariah menjadikan ransformasi digital sebagai prioritas dan trategi dalam upaya peningkatan daya saing bank. Transformasi digital berdampak terhadap perkembangan bank syariah dengan meningkatnya jumlah nasabah dan jumlah aset, banyak bank umum syariah yang menyediakan layanan digital  dan adanya bank syariah yang murni beroperasi secara digital

https://doi.org/10.58958/elkahfi.v3i02.88
PDF (English)

Referensi

Ahmad, I., Iqbal, S., Kamran, M., & Jamil, S. (2021). A Systematic Literature Review of E-Banking Frauds: Current Scenario and Security Techniques. Linguistica Antver piensia, June(2).
Aisyah, M. (2018). Islamic Bank Service Quality and Its Impact on Indonesian Customers’ Satisfaction and Loyalty. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 10(2), 367–388. https://doi. org/10.15408/aiq.v10i2.7135
Alfaro, L., Asis, G., Chari, A., & Panizza, U. (2019). Corporate debt, firm size and financial fragility in emerging markets. Journal of International Economics, 118(May), 1–19. https://doi.org/10. 1016/j.jinteco.2019.01.002
Barquin, S., de Gantes, G., HV, V., & Shrikhande, D. (2019). Digital banking in Indonesia: Building loyalty and generating growth. McKinsey & Company, February, 6.
DSN-MUI. (2018). Fatwa Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia No: 117/DSN-MUI/II/2018Tentang Layanan Pembiayaan Berbasis Teknologi Informasi Berdasarkan Prinsip Syariah.
Kusumawati, N., & Rinaldi, A. A. (2020). Trust Role in Acceptance of Digital Banking in Indonesia. International Journal of Trade, Economics and Finance, 11(1), 13–18. https://doi.org/ 10.18178/ijtef.2020.11.1.659
Lee, I., & Shin, Y. J. (2018). Fintech: Eco system, business models, invest ment decisions, and challenges. Business Horizons, 61(1), 35–46. https:// doi.org/10.1016/j.bushor.2017.09.003
Mawarni, R. (2021). Penerapan Digital Banking Bank Syariah Sebagai Upaya Customer Retantion Pada Masa Covid-19. Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 9(2), 39–54. https://doi.org/10.37812/aliqtishod.v9i2.233
Mirzaqon, A., & Purwoko, B. (2018). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing Library. Jurnal BK UNESA, 1, 1–8.
Nguyen, T. T., Nguyen, H. T., Mai, H. T., & Tran, T. T. M. (2020). Determinants of digital banking services in Vietnam: Applying utaut2 model. Asian Economic and Financial Review, 10(6), 680–697. https://doi.org/10.18488/ journal.aefr.2020.106.680.697
OJK. (2020). Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan. In Otoritas Jasa Keuangan.
Otoritas Jasa Keuangan. (2018). POJK Nomor 12/POJK.03/2018 Tentang Penyelenggaraan Layanan Perbankan Digital Oleh Bank Umum. Otoritas Jasa Keuangan.
Otoritas Jasa Keuangan. (2021). Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia Nomor 12/POJK.03/2021 tentang Bank Umum. Otoritas Jasa Keuangan, 1–113.
Riza, A. F. (2019). Customer acceptance of digital banking in Islamic bank: Study on millennial generation. Conference on Islamic Management, Accounting, and Economics (CIMAE) Proceeding, 2, 66–74.
Sardana, V., & Singhania, S. (2018). Digital technology in the realm of banking: A review of literature. International Journal of Research in Finance and Management, 1(2), 28–32.
Sarfaraz, J. (2017). Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (Utaut) Model-Mobile Banking. Journal of Internet Banking and Commerce, 22(3), 1–20.
Van Loo, R. (2018). Making innovation more competitive: The case of fintech. UCLA Law Review, 65(1), 232–279.
##submission.license.cc.by4.footer##