Strategi Pemasaran BMT Al Makmur dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Fundig dimasa Pandemi Covid-19

Abstrak

Pokok permasalahan penelitian ini adalah Strategi Pemasaran yang diggunakan oleh BMT Al Makmur dalam meningkatkan jumlah nasabah Funding dimasa Pandemi Covid-19.Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui dan menganalisis Strategi Pemasaran yang diggunakan oleh BMT Al Makmur dalam meningkatkan jumlah nasabah Funding dimasa Pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa Strategi pemasaran yang dilakukan BMT Al Makmur untuk meningkatkan jumlah nasabah dimasa Pandemi Covid -19 adalah  Pertama Mengoptimalkan peran dan fungsi tenaga marketing, Kedua Mengoptimalkan Strategi Pemasaran Personal Selling (Penjualan Pribadi), Ketiga  Memberikan Service Exellence kepada nasabah, Keempat Membangun dan menjalin Sinergisitas aktif dengan pemerintah dan lembaga yang ada di wilayah kerja.

https://doi.org/10.58958/elkahfi.v2i02.64
PDF (English)

Referensi

Huriyati dan Ratih. (2005). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen.Cet 1, Bandung: Alfabeta.
Iwan, Purwanto. (2006). Pengantar Manajemen. Bandung: CV. Yrama Widya.
Novita Dewi Masyithoh. (2014). Analisis Normatif Undang-undang No. 1 Tahun 2013 Tentang Lembaga Keuangan Mikro (LKM)
Atas Status Badan Hukum dan Pengawasan Bitul Maal Wat Tamwil (BMT).ECONOMICA :Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam, 5(2), 18
Nursari, R., Herlina, R. (2020). Strategi Personal Selling Wiraniaga Fujifilm Cabang Bandung Di Masa Pandemi Covid-19. SENGKUNI: Journal- Social Sciences and Humanities, 1(1), 25
Philip Kotler. (2012) Manajemen Pemasaran. Indonesia: PT Macanan Jaya Cemerlang.
Purnama, Lingga. (2002). Strategic Markting Plan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Siswanto. (2005). Pengantar Manajemen. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sofjan Assauri. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sumarni, Marti. (2002). Manajemen Pemasaran Bank. Yogyakarta: Liberti.
Zulhazmi,. & Auwalin , Ilmiawan. (2020). Peran Pembiayaan Terhadap Perkembangan Usaha dan Peningkatan Kesejahteraan Anggota Baitul Maal War Tamwil. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 7 (3), 604.
Ridwan, Muhammad. (2004). Manajemen Baitul Mal wa Tamwil, Yogyakarta: UIII Press.
Muzdalifa, I., Rahma, I. A., & Novalia, B. G.(2018). Peran Fintech Dalam Meningkatkan Inklusif Keuangan Pada Umkm Di Indonesia.
Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(1), 1–24.
##submission.license.cc.by4.footer##