The Application of the Al-Tasharruf Principle in Sharia Economic Law (Mu'âmalah Mâliyyah)

Abstrak

Kaidah fikih (al-qawâ’id al-fiqhiyyah) memiliki fungsi sebagai alat dalam melakukan proses penggalian dan penetapan dalam hukum Islam. Hukum-hukum yang terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman adalah hukum ekonomi syariah. Munculnya problematika kontemporer mengharuskan para ahli hukum Islam merespon persoalan tersebut. Kaidah fikih di sini memiliki peran dan fungsi signifikat guna memecahkan persoalan hukum ekonomi syariah tersebut. Salah satu persoalan ekonomi yang perlu direspon adalah berkaitan dengan perbuatan hukum atau disebut dengan tasharruf. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui konsep tasharruf dan aplikasinya dalam hukum ekonomi syariah (mu’âmalah mâliyyah). Metode pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normative. Penelitian ini tergolong kepada penelitian studi pustaka serta jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berkatan dengan tasharruf, para ulama telah merumuskan kaidah-kaidah fikih-nya. Setidaknya terdapat 5 (lima) kaidah fikih yang berkaitan dengan tasharruf dan kaidah-kaidah tersebut berfungsi sebagai dasar kegiatan transaksi serta relevan diaplikasikan dalam kegiatan hukum ekonomi syariah.

https://doi.org/10.58958/elkahfi.v5i02.327
PDF (English)

Referensi

Abu Dawud. (2007). Sunan Abȋ Dâwud. Dâr al-Fikr.

Ahmad Ibn Hanbal. (2001). Musnad al-Imâm Ahmad Ibn Hanbal. Muasasah al-Risâlah.

al-Daruquthni. (2004). Sunan al-Dâruqthnî. Muasasah al-Risâlah.

Al-Ghazi. (1996). al-Wajȋz Fȋ Ȋdhah Qawâ’id al-Fiqhiyyah al-Kulliyah. Muasasah al-Risalah.

Al-Ghazi, M. S. I. A. I. M. A. B. A. al-H. (2003). Mausû’ah al-Qawâ’id al-Fiqhiyyah. Muasasah al-Risâlah.

Al-Sabr, S. I. A. (2008). al-Dhawâbith al-Fiqhiyyah Litasharrufât fî Haq al-Ghair. Universitas al-Imam Muhammad Ibn Su’ud al-Islamiyyah.

Al-Tirmidzi. (1975). Sunan al-Tirmidzî. Syirkah Maktabah Musthafa al-Babi al-Halabi.

Al-Zarqani, M. (1989). Syarah al-Qawa’id al-Fiqhiyyah. Dar al-Qalam.

Anonimous. (n.d.). Majallah al-Ahkâm al-‘Adliyyah. Nur Muhammad.

Arfan, A. (2013). 99 Kaidah Fiqh Muamalah Kulliyah: Tipopogi dan Penerapannya dalam Ekonomi islam dan Perbankan Syariah. UIN Maliki Press.

Hasanuddin dan Jaih Mubarok. (2020). Teori Akad Mu’amaah Maliyyah. Simbiosa.

Hasanuddin, O. S. dan M. (2016). Fikih Muamalah: Dinamika Teori Akad dan Implementasinya dalam Ekonomi Syariah. PT RajaGafindo Persada.

Hidayatullah, M. S. (2020). Pemaknaan Kaidah Fikih “Ar-Ridhâbisy Syai`Ridhâbimâyatawalladu Minhu” Dalam Ekonomi Syariah. TAFAQQUH: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Dan Ahawl as Syahsiyah, 5(1), 51.

Imam Kamaluddin, N. R. dan S. (2022). Implementasi Qowaidh Fiqhiyyah Pada Bagi Hasil Perbankan Syariah Melalui Akad Musyarakah, Al-Muamalat. Jurnal Ilmu Hukum & Ekonomi Syariah, 8(2), 113. http://repo.unida.gontor.ac.id/2688/

Iqbal, M. (2018). Urgensi Kaidah-Kaidah Fikih Terhadap Reaktualisasi Hukum Islam Kontemporer. Jurnal EduTech, 4(2), 21. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/edutech.v4i2.2273

Khawajah, ‘Izz al-Din Muhammad. (1993). Nadzariyyah al-‘Aqd fî al-Fiqh al-Islâmî. Dallah al-Barkah.

Manzhur, I. (2013). Lisân al-‘Arab. Dar al-Shadir.

Muhammad Musthafa al-Zuhaili. (2006). Al-Qawâ’id al-Fiqhiyyah wa Tathbȋqâtuhâ ‘Alâ al-Madzâhib al-Arba’ah. Dar al-Fikr.

Putra, P. A. A. (2023a). Aplikasi Kaidah Al-Tawâbi’ Dalam Hukum Ekonomi Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(2), 2956. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i2.8952

Putra, P. A. A. (2023b). Kaidah Fikih tentang Syarat dan Aplikasinya dalam Hukum Mu’amalah Maliyyah. Legal Standing Jurnal Ilmu Hukum, 7(2), 391. https://doi.org/10.24269/ls.v7i2.7498

Rahman, A. A. (1976). Qa’idah-Qa’idah Fiqh (Qawa’idul Fiqhiyah). Bulan Bintang.

Rifai, A. (2022). Implementasi Qawā`id Fiqhiyyah dalam Ekonomi Syariah. AL-KHIYAR: Jurnal Bidang Muamalah Dan Ekonomi Islam, 2(1), 103. https://doi.org/https://doi.org/10.36701/al-khiyar.v2i1.540

Sugianto. (2014). Membangun Lemma Ekonomi Islam Berbasis Qawâ’id al-Fiqhiyah (Studi Kasus يزال الضرر. Human Falah, 1(1), 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/hf.v1i1.160

Wahid, M. A. (2016). Peran Kaidah Fiqh Terhadap Pengembangan Ekonomi Islami. El-JIZYA Jurnal Ekonomi Islam (Islamic Economics Journal), 4(2), 221.

Zaidan, A. al-K. (2001). al-Wajîz Fî Syarh al-Qawâ’id al-Fiqhiyyah Fî al-Syarî’ah al-Islâmiyyah. Muasasah al-Risâlah.

Abu Dawud. (2007). Sunan Abȋ Dâwud. Dâr al-Fikr.

Ahmad Ibn Hanbal. (2001). Musnad al-Imâm Ahmad Ibn Hanbal. Muasasah al-Risâlah.

al-Daruquthni. (2004). Sunan al-Dâruqthnî. Muasasah al-Risâlah.

Al-Ghazi. (1996). al-Wajȋz Fȋ Ȋdhah Qawâ’id al-Fiqhiyyah al-Kulliyah. Muasasah al-Risalah.

Al-Ghazi, M. S. I. A. I. M. A. B. A. al-H. (2003). Mausû’ah al-Qawâ’id al-Fiqhiyyah. Muasasah al-Risâlah.

Al-Sabr, S. I. A. (2008). al-Dhawâbith al-Fiqhiyyah Litasharrufât fî Haq al-Ghair. Universitas al-Imam Muhammad Ibn Su’ud al-Islamiyyah.

Al-Tirmidzi. (1975). Sunan al-Tirmidzî. Syirkah Maktabah Musthafa al-Babi al-Halabi.

Al-Zarqani, M. (1989). Syarah al-Qawa’id al-Fiqhiyyah. Dar al-Qalam.

Anonimous. (n.d.). Majallah al-Ahkâm al-‘Adliyyah. Nur Muhammad.

Arfan, A. (2013). 99 Kaidah Fiqh Muamalah Kulliyah: Tipopogi dan Penerapannya dalam Ekonomi islam dan Perbankan Syariah. UIN Maliki Press.

Hasanuddin dan Jaih Mubarok. (2020). Teori Akad Mu’amaah Maliyyah. Simbiosa.

Hasanuddin, O. S. dan M. (2016). Fikih Muamalah: Dinamika Teori Akad dan Implementasinya dalam Ekonomi Syariah. PT RajaGafindo Persada.

Hidayatullah, M. S. (2020). Pemaknaan Kaidah Fikih “Ar-Ridhâbisy Syai`Ridhâbimâyatawalladu Minhu” Dalam Ekonomi Syariah. TAFAQQUH: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Dan Ahawl as Syahsiyah, 5(1), 51.

Imam Kamaluddin, N. R. dan S. (2022). Implementasi Qowaidh Fiqhiyyah Pada Bagi Hasil Perbankan Syariah Melalui Akad Musyarakah, Al-Muamalat. Jurnal Ilmu Hukum & Ekonomi Syariah, 8(2), 113. http://repo.unida.gontor.ac.id/2688/

Iqbal, M. (2018). Urgensi Kaidah-Kaidah Fikih Terhadap Reaktualisasi Hukum Islam Kontemporer. Jurnal EduTech, 4(2), 21. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/edutech.v4i2.2273

Khawajah, ‘Izz al-Din Muhammad. (1993). Nadzariyyah al-‘Aqd fî al-Fiqh al-Islâmî. Dallah al-Barkah.

Manzhur, I. (2013). Lisân al-‘Arab. Dar al-Shadir.

Muhammad Musthafa al-Zuhaili. (2006). Al-Qawâ’id al-Fiqhiyyah wa Tathbȋqâtuhâ ‘Alâ al-Madzâhib al-Arba’ah. Dar al-Fikr.

Putra, P. A. A. (2023a). Aplikasi Kaidah Al-Tawâbi’ Dalam Hukum Ekonomi Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(2), 2956. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i2.8952

Putra, P. A. A. (2023b). Kaidah Fikih tentang Syarat dan Aplikasinya dalam Hukum Mu’amalah Maliyyah. Legal Standing Jurnal Ilmu Hukum, 7(2), 391. https://doi.org/10.24269/ls.v7i2.7498

Rahman, A. A. (1976). Qa’idah-Qa’idah Fiqh (Qawa’idul Fiqhiyah). Bulan Bintang.

Rifai, A. (2022). Implementasi Qawā`id Fiqhiyyah dalam Ekonomi Syariah. AL-KHIYAR: Jurnal Bidang Muamalah Dan Ekonomi Islam, 2(1), 103. https://doi.org/https://doi.org/10.36701/al-khiyar.v2i1.540

Sugianto. (2014). Membangun Lemma Ekonomi Islam Berbasis Qawâ’id al-Fiqhiyah (Studi Kasus يزال الضرر. Human Falah, 1(1), 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/hf.v1i1.160

Wahid, M. A. (2016). Peran Kaidah Fiqh Terhadap Pengembangan Ekonomi Islami. El-JIZYA Jurnal Ekonomi Islam (Islamic Economics Journal), 4(2), 221.

Zaidan, A. al-K. (2001). al-Wajîz Fî Syarh al-Qawâ’id al-Fiqhiyyah Fî al-Syarî’ah al-Islâmiyyah. Muasasah al-Risâlah.

##submission.license.cc.by-sa4.footer##