Orientasi Pasar Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Bidang Usaha Makanan Dan Minuman Di Kabupaten Tanah Datar)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja perusahaan studi kasus UKM bidang makan dan minuman di kabupaten Tanah Datar. Dalam penelitian ini data diambil dengan membagikan kuesioner kepada pemilik dan pemimpin makanan dan minuman yang ada di Kabupaten Tanah Datar. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini untuk mendapatkan data-data yang diperlukan dan mendukung penelitian menggunakan beberapa cara, yaitu:Studi kepustakaan atau Library Research dan Studi Lapangan atau Field Research. Penulis mengumpulkan data secara langsung pada objek penelitian. Studi lapangan ini dilakukan dengan cara kuesioner. Menggunakan penelitian explanatory yaitu penelitian yang digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh suatu variabel dalam situasi tertentu. Pada jenis penelitian ini jelas ada hipotesis yang akan diuji kebenarannnya. Sedangkan pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang sifatnya dapat dihitung jumlahnya dengan menggunakan metode statistik. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner ditambah dengan menggunakan time horizon:cross-sectional yaitu sebuah penelitian yang dilakukan dengan data yang hanya sekali dikumpulkan. Variabel dalam penelitian ini Orientasi Pasar(X), Kinerja Perusahaan (Y). Hasil penelitian membuktikan bahwa Hasil dari penelitian ini adalah H0 ditolak dan Ha diterima dimana tingkat signifikan yang diperoleh 0,758 > alpha 0,05. Hasil ini menjelaskan bahwa orientasi pasar pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ada di Kabupaten Tanah Datar berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ada di Kabupaten Tanah Datar. Sehingga dapat diartikan bahwa dilakukan atau tidak orientasi pasar tidak akan mempengaruhi kinerja perusahaan.

https://doi.org/10.58958/elkahfi.v4i02.221
PDF (English)

Referensi

Deshpande, R. & Farley, J.U. 1998, ‘Measuring market orientation: Generalisation synthesis’, Journal of Market Focused Management, vol. 2, no. 3, pp. 213–32.

Djodjobo, Cynthia Vanessa. & Tawas, Hendra N. (September 2014). Pengaruh Orientasi kewirausahaan, inovasi produk, dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran usaha nasi kuning di kota Manado. Jurnal EMBA, ISSN 2303-1174, Vol.2, No.3, Hal 1214- 1224.

Frank, Hermann., Kessler, Alexander., Mitterer, Gerald., & Sammer, DanielaWeismeier. (2012). Learning orientation of SME‟s and its impact on firmperformance, Journal of marketing development and competitiveness,Vol.6, No.3, Hal 29-41.

Ghozali, Imam. (2014). Structural Equation Modelling Metode alternative dengan Partial Least Square (PLS). Badan penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hadiyati, E., 2008. Model Pemasaran dalam Pemberdayaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen Gajayana, Vol 5, No. 1 Juni.

Hamdani, Jahja. & wirawan, Christina. (2012). Open innovation implementationto sustain Indonesian SME‟s. International conference on small and medium enterprise development with atheme “innovation andsustainability in SME development”(ICSMED 2012). Procedia Economics and finance 4, Hal. 223-233.

Hankinson, A. (2000). The key factors in the profiles of small firm owner- managers that influence business performance. The South Coast Small Firms Survey, 1997-2000. Industrial and Commercial Training, 32(3),94-98.

Hax, A. C., & Majluf, N. S. (1991). Thestrategic concept and process.

Hidayat, Rachmad. & Akhmad, Sabarudin. (Juni 2015). Pemetaan potensi industry kreatif unggulan Madura. Jurnal sains, teknologi dan industry. ISSN 1693-2390, Vo;.12, No.2, Hal 155-165.

Hui Li, Yong, Jing-Wen Huang dan Ming-Tien Tsai, 2009, Entrepreneurial Orientation And firm Performance: The Role Of Knowledge Creation Process, Industrial Marketing Management, 38 pp. 440–449.

Husband, S. and Purnendu, M. (1999), “A Conceptual Model for Ǫuality Inetgrated Management in Small and Medium Size Enterprise”, International Journal of Ǫuality & Reliability Management, Vol. 16 No. 7, pp. 699-713.

Husband, S., & Mandal, P. (1999). A conceptual model for quality integrated management in small and medium size enterprises. International Journal ofi Ǫuality & Reliability Management, 16(7), 699-713.

Kotler, P. (2004). A three-part plan for upgrading your marketing department for new challenges. Strategy & Leadership, 32(5), 4-9.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2004). Marketing. Praha. Grada Publishing. a.s.

Krieser, P.M., Marino, L. and Weaver, K.M. (2002), „„Assessing the relationship between entrepreneurial orientation, the external environment and firm performance‟‟, in Reynolds, P.D., Bygrave, W.D., Carter, N.M.,Davidsson, P., Gartner, W.B., Mason, C.M. and Mcdougall, PP(Eds)Frontiers ofEntrepreneurshipResearchBabson CollegeWellesleyMApp268-82

Lamb, et. al. 2001. Pemasaran Buku 1. Jakarta: Salemba Empat

Lumpkin, G. T., & Dess, G. G. (1996). Clarifying the entrepreneurial orientation construct and linking it to performance. Academy ofi management Review, 21(1), 135-172.

Mahemba, C. M. (2003), Innovation Management Practices of Small and Medium Scale Enterprises In Tanzania, PhD Dissertation, University of Twente, Enschede.

Mahmoud, M. A., Blankson, C., Owusu-Frimpong, N., Nwankwo, S., & Trang, T.

P. (2016). Market orientation, learning orientation and business performance: The mediating role of innovation. International Journal ofi Bank Marketing, 34(5), 623-648.

Mendoza, G. A. P. Macoun with R. Prabhu, D. Sukadri, H. Purnomo and H. Hartanto. 1999. Guidelines for Applying Multi-Criteria Analysis to the Assessment of Criteria and Indicators: C&I Toolbox No. 9. CIFOR. Jakarta. Available online at: http://www. cifior. cgiar. org/acm/methods/toolbox9. html.

Mustikowati, R. I., & Tysari, I. (2015). Orientasi Kewirausahaan, Inovasi, Dan Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi Pada Ukm SentraKabupaten Malang). Jurnal Ekonomi MODERNISASI, 10(1), 23- 37.

Narver, J. C., & Slater, S. F. (1990). The effect of a market orientation onbusiness profitability. The Journal ofi marketing, 20-35.

Narver, J. C., & Slater, S. F. (1990). The effect of a market orientation on business profitability. The Journal ofi marketing, 20-35.

Narver, J. C., & Slater, S. F. (1995). “Market Orientation and the learning organization,” Journal of Marketing, 59 (July), 63-74.

Narver, J.C., Slater, S.F., (1994), Creating a Market Orientation, Journal of Market- Focused Management, Vol. 2, No. 3.

Sekaran, U. (2006). Research Methods For Business. Metodologi PenelitianUntuk Bisnis Edisi Empat, Buku Dua.

##submission.license.cc.by-sa4.footer##