Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Customer Relationship Marketing dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Nasabah pada PT.BPRS Carana Kiat Andalas. Metode yang diguanakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan SPSS versi 25. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik Purpose Sampling dan menggunkan 100 responden sebagai sampel. Data primer dalam penelitian ini ialah kuesioner yang disebar kepada responden melalui google form, wawancara dengan pihak bank, dan observasi. Sedangkan data sekunder pengambilan data dari laporan publikasi, buku, jurnal penelitian, artikel dan riset pustaka. Metode analisis data yang digunakan ialah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menujukan bahwa Customer Relationship Marketing (X1) berpengaruh terhadap Kepuasan nasabah dengan nilai thitung sebesar 3,240 dan Kualitas Layanan (X2) berpengaruh terhadap kepuasan Nasabah dengan nilai thitung sebesar 18,024. Sementara itu secara simultan Customer Relationship Marketing (X1), Kualitas Layanan (X2) secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah PT.BPRS Carana Kiat Andalas dengan nilai Fhitung 252,906. Melalui nilai Adjust R Square juga diketahui bahwa variabel Customer Relationship Marketing dan Kualitas Layanan Berkontribusi sebesar 83,6% terhadap Kepuasan Nasabah, sedangkan sisanya sebesar 16,4% dipengaruhi oleh variabel lainnya.
Kata Kunci: Customer Relationship Marketing, Kualitas Layanan, Kepuasan Nasabah.