Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana mahasiswa di jurusan Perbankan Syariah di STES Manna Wa Salwa Tanah Datar Sumatera Barat menggunakan media sosial, khususnya YouTube, dan menentukan dampaknya terhadap kemampuan berbahasa Inggris mereka. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain kualitatif deskriptif, dengan 25 peserta yang dipilih dari jurusan Perbankan Syariah. Para mahasiswa diminta untuk berbicara tentang topik yang sudah dipersiapkan di depan kamera ponsel, dan lima pertemuan online diadakan untuk mengevaluasi kemajuan mereka. Sebuah wawancara semi-struktur juga dilakukan untuk mengumpulkan data pendukung yang lebih detail. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial, khususnya YouTube, berdampak positif pada kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa bukan jurusan Bahasa Inggris, seperti yang terlihat dari video mereka dan data wawancara. Namun, ditemukan berbagai hambatan yang menghalangi upaya mereka untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris, seperti faktor psikologis (misalnya kurang termotivasi dan percaya diri), faktor lingkungan (misalnya hubungan dengan lingkungan sekitar), dan faktor linguistik (misalnya mencari referensi, memilih kosakata, dan menggunakan gaya bicara dan gerakan yang tepat). Penggunaan media sosial, khususnya YouTube, ditemukan dapat membantu mengatasi hambatan-hambatan ini dan meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris mahasiswa.
Referensi
Kennedy, S., & Grundman, H. (2016). A Conversation with Helen G. Grundman, AMS Director of Education and Diversity. Notices of the American Mathematical Society, 63(11). https://doi.org/10.1090/noti1445
Kurniati, A., & Eliwarti, N. (2015). Harris, David. 1974. in A Study On The Speaking Ability. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau (JOM FKIP UNRI).
Lee, C. S., Osop, H., Hoe-Lian Goh, D., & Kelni, G. (2017). Making sense of comments on YouTube educational videos: A self-directed learning perspective. Online Information Review, 41(5). https://doi.org/10.1108/OIR-09-2016-0274
Meinawati, E., Harmoko, D. D., Rahmah, N. A., & Dewi, N.-. (2020). INCREASING ENGLISH SPEAKING SKILLS USING YOUTUBE. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(1). https://doi.org/10.19166/pji.v16i1.1954
Rusmono, D., & Agustina, S. (2016). Hambatan Semantik Dan Budaya Dalam Proses Transfer Ide Oleh Mahasiswa Jurusan Non Bahasa Inggris Dalam Penulisan Paragraf. Edulib, 5(1). https://doi.org/10.17509/edulib.v5i1.2304
Sadtono, E. C. A. R. L. C. (1991). Language teacher education in a fast-changing world. Anthology Series,; 29; Variation: Anthology Series (Singapore) ;; 29., 65.
Sandra, H. (2021). Integrasi PHP Native Dengan Sistem Jitsi Converence Server Menggunakan API. JITA (Journal of Information Technology and Accounting), 4(1), 8–15. https://doi.org/10.1038/NRN.2015.18
Saraswati, S., Yaniafari, R. P., & el Khoiri, N. (2021). Students Perception’ toward The Role of YouTube Video in Improving Their Speaking Skills. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(12). https://doi.org/10.17977/um064v1i122021p1765-1774
Scott, M. L., Brown, C., Harmer, J., Brown, H. D., Nunan, D., Richards, J. C., & Lockhart, C. (1995). Resources in Language Teacher Education. TESOL Quarterly, 29(2). https://doi.org/10.2307/3587632
Shadiev, R., & Yang, M. (2020). Review of studies on technology-enhanced language learning and teaching. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 12, Issue 2). https://doi.org/10.3390/su12020524
Shatri, Z. G. (2020). Advantages and disadvantages of using information technology in learning process of students. Journal of Turkish Science Education, 17(3). https://doi.org/10.36681/tused.2020.36
Shi, L., & Nunan, D. (2000). Second Language Teaching and Learning. TESOL Quarterly, 34(2). https://doi.org/10.2307/3587962
Siahaan, S. W., Sianipar, K. D. R., R.H Zer, P. P. P. A. N. W. F. I., & Hartama, D. (2020). Penerapan Algoritma C4.5 dalam Menentukan Faktor yang Dapat Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris pada Mahasiswa. Jurnal Eksplora Informatika, 10(1). https://doi.org/10.30864/eksplora.v10i1.396
Wael Abdulrahaman, A. (2016). The effective use of youtube videos for teaching English. International Journal of English Language and Linguistics Research, 4(3).
Watkins, J., & Wilkins, M. (2011). Using YouTube in the EFL Classroom. Language Education in Asia, 2(1). https://doi.org/10.5746/leia/11/v2/i1/a09/watkins_wilkins
Wordmastery. (1987). English Today, 3(3). https://doi.org/10.1017/S0266078400013626