Abstract
Pesantren sebagai lembaga pendidikan tertua di Indonesia kini telah diakui keberadaannya melalui Undang-Undang No. 18 Tahun 2019 tentang pesantren sebagai lembaga pendidikan yang keberadaannya kini menjadi penting untuk berkontribusi dalam sistem pendidikan Indonesia. Mengingat dalam amanah Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, telah menyatakan bahwa pembentukan karakter menjadi salah satu tujuan utama dari diadakannya pendidikan di Indonesia. Berbagai persoalan ekonomi di Indonesia menjadi masalah utama sosial masyarakat, mulai dari korupsi, hedonisme, flexing, dsb, mengakibatkan adanya ketidakmerataan kesejahteraan ekonomi di Indonesia. Jika merujuk pada ideologi bangsa yakni pancasila, jelas hal tersebut jauh dari nilai-nilai pancasila. Maka dari itu, penilitian ini bertujuan untuk mengetahui edukasi ekonomi islam di pesantren, serta perannya dalam pembentukan perilaku ekonomi pancasila. Melalui penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, penelitian ini menjadikan santri sebagai subjek utama penelitian. Informan santri yang digunakan diambil berdasarkan snowball sampling dengan indepht interview menjadi alat dalam mendapat data penelitian. Peneliti mendapatkan hasil penelitian bahwa pembentukan perilaku ekonomi yang berwawasan nilai-nilai Pancasila santri pondok pesantren Bahrul Ulum dapat diketahui dari hasil pembentukan pendidikan ekonomi islam yang diajarkan dalam kitab kuning yang santri pelajari di pondok pesantren. Pendidikan ekonomi islam tersebut menjadi dasar dalam memberikan stimulus dalam bentuk program atau kegiatan kepesantrenan. Stimulus tersebut menciptakan lingkungan dan iklim yang kondusif dalam membentuk sikap perilaku santri. Al-Qur’an, hadist dan Fiqih yang menjadi sumber pendidikan ekonomi islam yang terbagi dalam berbagai bab terangkum dalam kitab kuning yang diajarkan di pesantren. Nilai-nilai dalam ekonomi islam yang diajarkan dalam kitab kuning pesantren sejalan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila.
References
A’yuni, D. S. (2017). Pengaruh Pembelajaran Ekonomi, Lingkungan Sosial Budaya, Dan Sikap Berkonsumsi Terhadap Perilaku Konsumsi Yang Berkarakter. Al-’`Adalah : Jurnal Syariah dan Hukum Islam, 2(3), 193–204. https://doi.org/10.31538/adlh.v2i3.428
Cheek, J., & Elise ∅by. (2023). Research Design: Why Thinking About Design Matters. SAGE Publications.
Fajrin, A. H. (2017). Peran Pendidikan Ekonomi Di Lingkungan Pesantren Dalam Pembentukan Perilaku Ekonomi Yang Berwawasan Pancasila. National Conference On Economic Education. https://core.ac.uk/download/pdf/267024103.pdf
Hamalik, O. (2017). Proses belajar mengajar / Oemar Hamalik. Bumi Aksara.
Helaluddin, H. (2018). Mengenal Lebih Dekat dengan Pendekatan Fenomenologi: Sebuah Penelitian Kualitatif.
Jaya, W. K., Swasono, S. E., Baswir, R., & Prijambada, I. D. (2015). Membangun Kedaulatan Bangsa Berdasarkan Nilai-nilai Pancasila: Pemberdayaan Masyarakat Dalam Kawasan Terluar, Terdepan, dan Tertinggal (3T): Kumpulan makalah call for papers kongres Pancasila VII. Pusat Studi Pancasila UGM. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=N8ClCwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA4&dq=info:RcI3hi9y9pQJ:scholar.google.com&ots=tH_SGf0W3B&sig=wCoWY_Y7PCdbo_qKJrsCUW1ndcU
Murniatiningsih, E. (2017). Pengaruh Literasi Ekonomi Siswa, Hasil Belajar Ekonomi, Dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Smp Negeri Di Surabaya Barat. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 5(1), 127. https://doi.org/10.26740/jepk.v5n1.p127-156
Mutaqqin, A.-. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Dinamika : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.32764/dinamika.v3i2.312
Notoatmodjo, S. (2017). Konsep Pengetahuan, Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta, EGC. https://scholar.google.com/scholar?cluster=15644613688739512197&hl=en&oi=scholarr
Prof. Dr. Wahjoedi M.E. (2015). Pendidikan Ekonomi Berkarakter Nilai-nilai Pancasila. https://lib.um.ac.id/index.php/2017/03/22/prof-dr-wahjoedi-m-e-pendidikan-ekonomi-berkarakter-nilai-nilai-pancasila/
Santi, E. (2014). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Materi Membuat Benda Konstruksi Melalui Model Explicit Instruction.
Tambakberas, T. S. (2017). Tambak beras: Menelisik sejarah memetik uswah. Pustaka Bahrul Ulum.
Utomo, E. P. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Ips Pada Siswa Smp Negeri Model Terpadu Bojonegoro. 2.
UU No. 18 Tahun 2019. (t.t.). Database Peraturan | JDIH BPK. Diambil 30 September 2024, dari http://peraturan.bpk.go.id/Details/122743/uu-no-18-tahun-2019
UU No. 20 Tahun 2003. (t.t.). Database Peraturan | JDIH BPK. Diambil 30 September 2024, dari http://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.