Urgensi Sertifikasi Halal dan Optimalisasi Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan
PDF

Keywords

Sertifikasi Halal
Digital Marketing
UMKM

How to Cite

Dwi Lestari, Y., Firdiansyah, Y., & Hariyanti, S. (2024). Urgensi Sertifikasi Halal dan Optimalisasi Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan. El-Kahfi | Journal of Islamic Economics, 5(02), 407-416. https://doi.org/10.58958/elkahfi.v5i02.352

Abstract

Tujuan penelitian ini mengkaji urgensi sertifikasi halal dan strategi optimalisasi digital marketing untuk meningkatkan penjualan pada UMKM Bakpia Masaji di Kediri. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menggali pemahaman mendalam tentang pentingnya sertifikasi halal bagi UMKM makanan dan efektivitas pemanfaatan digital marketing dalam meningkatkan penjualan. Metode pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi partisipan, analisis dokumen, dan focus group discussion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sertifikasi halal memiliki urgensi tinggi bagi Bakpia Masaji, tidak hanya dari perspektif kepatuhan agama, tetapi juga sebagai strategi bisnis untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, memperluas pasar, dan meningkatkan daya saing. Dalam hal digital marketing, Bakpia Masaji telah memanfaatkan berbagai platform media sosial dan e-commerce yang berkontribusi pada peningkatan signifikan dalam penjualan dan jangkauan pasar. Implikasi penelitian ini memberikan wawasan berharga tentang pentingnya integrasi sertifikasi halal dan strategi digital marketing bagi pertumbuhan UMKM di era digital.

https://doi.org/10.58958/elkahfi.v5i02.352
PDF

References

Aziz, Y. A., & Chok, N. V. (2013). The role of Halal awareness, Halal certification, and marketing components in determining Halal purchase intention among non-Muslims in Malaysia: A structural equation modeling approach. Journal of International Food & Agribusiness Marketing, 25(1), 1-23.

Burger, N., Chazali, C., Gaduh, A., Rothenberg, A. D., Tjandraningsih, I., & Weilant, S. (n.d.). Reforming Policies For Small And Medium-Sized Enterprises In Indonesia. www.tnp2k.go.id

Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches (3rd ed.). SAGE Publications.

Denzin, N. K. (2017). The research act: A theoretical introduction to sociological methods. Transaction publishers.

Dwivedi, Y. K., Kelly, G., Janssen, M., Rana, N. P., Slade, E. L., & Clement, M. (n.d.). Guest editorial Social Media: The Good, the Bad, and the Ugly.

Faridah, H. D. (2019). Halal certification in Indonesia: history, development, and implementation. Journal of Halal Product and Research, 2(2), 68-78.

Lestari, Y. D., & Mukhlis, I. (2023). Implementation of Halal Certification in Business Ethics for the Development of Rambak Center MSMEs in Tulungagung Regency. Jurnal Manajemen Bisnis, Akuntansi Dan Keuangan, 2(2), 147–154. https://doi.org/10.55927/jambak.v2i2.6832

Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic inquiry. SAGE Publications.

Mayzlin, D. (2006). Promotional chat on the internet. Marketing Science, 25(2), 155–163. https://doi.org/10.1287/mksc.1050.0137

Moertini, V. S. (2012). Small Medium Enterprises: On Utilizing Business-to-Business e-Commerce to Go Global. Procedia Economics and Finance, 4, 13–22. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(12)00316-4

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17.

Tambunan, T. (2019). Recent evidence of the development of micro, small and medium enterprises in Indonesia. Journal of Global Entrepreneurship Research, 9(1), 1-15.

Utami, S., & Purnomo, D. (2021). Efektivitas Digital Marketing dalam Promosi Produk Kuliner Tradisional. Jurnal Komunikasi dan Media, 5(1), 45-57.

Yogi Dwi Lestari, & Sudarmiatin. (2024). Optimization of Digital Marketing in Increasing Sales BAKPIA Masaji Kediri UMKM Products. Jurnal Manajemen Bisnis, Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 77–86. https://doi.org/10.55927/jambak.v3i1.9175

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.