Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh inovasi produk, strategi diversifikasi, dan teknologi informasi terhadap perkembangan UMKM. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif, dan data dikumpulkan melalui penggunaan kuesioner. Populasi penelitian ini terdiri dari pemilik UMKM kue kering di Padang Panjang, dengan sampel sebanyak 61 responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode bootstrapping. Hasil penelitian menunjukkan adanya dampak signifikan dari variabel inovasi produk (X1) terhadap perkembangan UMKM (Y). Sementara itu, tidak ditemukan dampak signifikan dari variabel inovasi produk (X1) terhadap teknologi informasi (Z). Terdapat dampak yang signifikan dari variabel strategi diversifikasi (X2) terhadap perkembangan UMKM (Y) dan juga terhadap teknologi informasi (Z). Variabel teknologi informasi (Z) juga memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan UMKM (Y). Namun, tidak terdapat dampak signifikan dari pengaruh tidak langsung variabel inovasi produk (X1) terhadap perkembangan UMKM (Y) melalui variabel teknologi informasi (Z). Sebaliknya, terdapat dampak yang signifikan dari pengaruh tidak langsung variabel strategi diversifikasi (X2) terhadap perkembangan UMKM (Y) melalui variabel teknologi informasi (Z).
References
Avriyanti, S. (2022). PENGARUH INOVASI PRODUK DAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA (Studi Pada UMKM Bidang Kuliner Di Kabupaten Tabalong). 6(1), 61–73. https://doi.org/10.35722/pubbis
Daud, M., Rosita, S., & Solikhin, A. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Karakteristik Individu Terhadap Motivasi Kerja Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir Riau. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(6), 815–829. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i6.647
Desembrianita, Eva, S., Hutauruk, Fauziah Nur, Azis, F., & Iskandar, Y. (2023). Dampak Implementasi Teknologi Informasi terhadap Efisiensi Biaya Pemasaran pada UMKM di Jawa Barat: Perspektif Akuntansi Manajemen. Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 58–67. https://doi.org/10.52005/aktiva.v5i2.185
Marshal, A. L., & Fajar, A. N. (2023). Analisis Faktor Kesalahan Dalam Proses Pengisian Saldo Kedalam Dompet Digital Yang Dituju Dengan Aplikasi BCA Mobile. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(3), 257–267. https://doi.org/10.37329/metta.v3i3.2695
Nurdiyanto, A. D., & Ristanto, H. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM di Kabupaten Kendal. Jurnal Pelita Ilmu, 15(01), 48–52. https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/jpi/article/view/816
Purnomo, S. D., & Prabawa, A. (2023). Diversifikasi produk pada usaha mikro kecil dan menengah batagor kriyuuk fardan. 02(01), 22–25. https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v2i1.60
Rahayu, P. R., & Hidayah, N. (2023). Pengaruh Jaringan Usaha, Inovasi Produk, dan Persaingan Usaha terhadap Perkembangan Usaha UMKM. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 5(2), 448–456. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i2.23415
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.