Abstract
Kehalalan produk makanan adalah aspek krusial dalam industri makanan, terutama di daerah dengan populasi mayoritas Muslim seperti Kota Padang, Sumatera Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi fenomena misinterpretasi label halal pada produk makanan khas Minangkabau di kota ini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan wawancara mendalam. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pelaku usaha, konsumen, dan otoritas terkait, serta analisis dokumen sertifikasi halal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun banyak toko dan rumah makan di Padang mengklaim menyediakan produk halal, terdapat ketidaksesuaian antara sertifikasi toko dan label halal pada produk. Temuan utama mencakup: (1) Kekurangan konsistensi antara sertifikat halal yang dimiliki oleh toko dengan label halal pada produk yang dijual, seperti di Toko Christine Hakim dan Pusat Oleh-oleh Ummi Aufa Hakim. (2) Kendala biaya dan proses pengurusan sertifikasi halal yang lama menghambat UKM untuk mendapatkan label halal resmi, meskipun pengolah produk adalah Muslim. (3) Kesadaran dan kejujuran dalam pengelolaan label halal masih menjadi isu, dengan beberapa pelaku usaha mengabaikan label halal karena alasan biaya atau proses. (4) Penegakan regulasi dan dukungan dari pemerintah untuk mempermudah proses sertifikasi halal bagi UKM perlu diperkuat. Penelitian ini menunjukkan pentingnya penerapan standar halal yang konsisten dan perlunya dukungan lebih untuk pelaku usaha dalam memenuhi persyaratan sertifikasi. Konsumen, terutama umat Islam, memerlukan informasi yang jelas dan akurat mengenai kehalalan produk untuk memastikan bahwa mereka dapat membeli makanan dengan keyakinan penuh. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pihak berwenang dan pelaku usaha dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam label halal pada produk makanan khas Minangkabau di Kota Padang.
References
Al-Teinaz, Y. R., & Al-Mazeedi, H. M. M. (2020). Halal Certification and International Halal Standards. The Halal Food Handbook, 227–251. https://doi.org/10.1002/9781118823026.CH15
Aminuddin, Muh. Z. (2016). Sertifikasi Produk Halal: Studi Perbandingan Indonesia dan Thailand. SHAHIH: Journal of Islamicate Multidisciplinary, 1(1), 27–39. https://doi.org/10.22515/SHAHIH.V1I1.52
Bhayangkara, E. P.-K., & 2021, undefined. (2021a). Kewenangan MUI Pasca Terbitnya PP No. 31 Tahun 2019 Tentang Peraturan Pelaksanaan UU No. 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal. Scholar.Archive.Org, 15(2), 333–350. https://doi.org/10.31599/krtha.v15i2.792
Bhayangkara, E. P.-K., & 2021, undefined. (2021b). Kewenangan MUI Pasca Terbitnya PP No. 31 Tahun 2019 Tentang Peraturan Pelaksanaan UU No. 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal. Scholar.Archive.Org, 15(2), 333–350. https://doi.org/10.31599/krtha.v15i2.792
Damit, D. H. D. Ag., Harun, A., & Martin, D. (2017). Key Challenges and Issues Consumer Face in Consuming Halal Product. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(11). https://doi.org/10.6007/IJARBSS/V7-I11/3498
Dan, M., Umkm, M., Kecamatan, D. I., & Depok, B. (2022). Halal Pada Produk Makanan Dan Minuman Umkm Di Kecamatan Beji Depok Studi Implementasi Undang-Undang Nomot 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk …. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/61188
Dewanti, I., Mutiara, I. I.-J. L., & 2021, undefined. (n.d.). Disonansi Kognitif Dalam Perilaku Konsumen Masyarakat Indonesia Terhadap Pembelian Produk Tanpa Logo Halal. E-Journal.Sari-Mutiara.Ac.Id. Retrieved September 1, 2024, from http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JLMI/article/view/1657
Economics, F. A.-Z. J. of I., Finance, undefined, and, undefined, & 2020, undefined. (n.d.). ANALISIS TANTANGAN DAN PELUANG PENGEMBANGAN UMKM HALAL DALAM ERA PASAR NASIONAL. Jurnalsains.Id, 2(2), 2020. Retrieved September 1, 2024, from https://jurnalsains.id/index.php/zhafir/article/view/91
Gilalo, J. J., Sulistiyono, A., & Harahap, B. (2022). PRODUK DAGING OLAHAN BAKSO HALAL SEBAGAI WUJUD PERLINDUNGAN KONSUMEN MUSLIM : Suatu kajian dalam perspektif Socio-Legal. Jurnal Sosial Humaniora, 13(1), 1–11. https://doi.org/10.30997/jsh.v13i1.5001
Gunawan, S., Wirawasista Aparamarta, H., Darmawan, R., & Aini Rakhmawati, dan. (2021). Pendampingan Berkelanjutan Sistem Jaminan Halal Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Journal.Its.Ac.Id, 5(1). https://journal.its.ac.id/index.php/sewagati/article/view/378
Hayatul Ikhsan, A., Malinda, D., Faruq Rosyadi, M., Effendi, M., Afwa Ajidin, Z., dan Tantangan Industri Produk Halal di Era Globalisasi, P., & Sultan Syarif Kasim Riau Zilal Afwa Ajidin, N. (2024). PELUANG DAN TANTANGAN INDUSTRI PRODUK HALAL DI ERA GLOBALISASI. Jom.Uin-Suska.Ac.Id, 3(3), 805–818. https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/jurnalfsh/article/view/3331
Indonesia, P. W.-J. (Jurnal E. S., & 2017, undefined. (n.d.). Pengaruh label halal dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian (Survei pada konsumen Wardah di Ponorogo). Ejournal.Almaata.Ac.Id. Retrieved September 1, 2024, from https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI/article/view/398
Ipteks, A. I.-J. P., & 2018, undefined. (n.d.). Pengaruh label halal, kesadaran halal dan bahan makanan terhadap minat beli makanan kuliner. Jurnal.Unmuhjember.Ac.Id. Retrieved September 1, 2024, from http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/penelitian_ipteks/article/view/1886
Islamic, A. H.-J. Q. (Qomaruddin, & 2020, undefined. (n.d.). Analisis labelisasi halal, harga dan rasa terhadap keputusan pembelian konsumen pada Produk Mie. Ejournal.Kopertais4.or.Id. Retrieved September 1, 2024, from https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/qiema/article/view/3511
KIAT, A. S.-J. E., & 2024, undefined. (2024). Dampak Fashion Halal terhadap Industri Tekstil Tradisional di Negara-Negara Mayoritas Muslim. Journal.Uir.Ac.Id, 35(1). https://journal.uir.ac.id/index.php/kiat/article/download/17590/6619
Kusnadi, M., Sunan, U., & Yogyakarta, K. (2019). Problematika penerapan undang-undang jaminan produk halal di indonesia. Ejournal.Stitpn.Ac.Id, 1(2), 116–132. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/view/213
L, S., Razak, M. R. R., Rasyid, R. E., Syarifuddin, H., Astinah, A., Suleha, S., & Ahmad, J. (2023). PENDAMPINGAN PROSES PRODUK HALAL PROGRAM SEHATI PELAKU USAHA MIKRO DAN KECIL DESA CARAWALI. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 5(2), 2023. https://doi.org/10.29040/BUDIMAS.V5I2.11000
Mahardika, G., Nahara, A., Journal, S. G.-H. R., & 2022, undefined. (2022). Titik kritis halal olahan natural products sebagai bahan aditif pangan. Journal.Its.Ac.Id, 2(2), 112–119. https://journal.its.ac.id/index.php/hr/article/view/424
Muhamad, M. (2020). Tantangan Dan Peluang Penerapan Kebijakan Mandatory Sertifikasi Halal (Studi Implementasi Uu No. 33 Th. 2014 dan Pp No. 31 Th. 2019). Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(2), 1–26. https://doi.org/10.24239/JIEBI.V2I2.29.1-26
Mursidah, I., Fartini, A., Syariah, F., & Banten, H. (n.d.). Strategi Mengembangkan Gaya Hidup Halal di Banten: Pengembangan Industri Produk Halal dan Kesadaran Bersyariah. Jurnal.Stie-Aas.Ac.Id. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i1.7656
Musa, M. K., & Hashim, M. Z. (2022). Halal Awareness among Muslim Undergraduates at a Malaysian University. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 12(12). https://doi.org/10.6007/IJARBSS/V12-I12/16059
Restu, R., Ramadhan, R., & Rosa, S. (2023). Analisis Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Cakemyday Dalam Perspektif Syariah. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 3(1), 1–8. https://doi.org/10.37531/AMAR.V3I1.461
Sahib, M., Manajemen, N. I.-P. J. E. dan, & 2024, undefined. (n.d.). Urgensi Penerapan Prinsip Halal dan Thayyib dalam Kegiatan Konsumsi. Ejournals.Umma.Ac.Id. Retrieved September 1, 2024, from http://ejournals.umma.ac.id/index.php/point/article/view/2256
Silchenko, K., Askegaard, S., & Cedrola, E. (2020). Three Decades of Research in Health and Food Marketing: A Systematic Review. Journal of Consumer Affairs, 54(2), 541–580. https://doi.org/10.1111/JOCA.12289
Syahbudi, M., Zein, A. W., Al-Hafidh, M. N., Barus, E. E., & Ichsan, R. N. (n.d.). LITERASI PRODUK HALAL DALAM RANGKA MENINGKATKAN PEMASARAN PADA UMKM DI DELI SERDANG. Ejournal.Steitholabulilmi.Ac.Id, 3(1), 30–33. Retrieved September 1, 2024, from https://ejournal.steitholabulilmi.ac.id/index.php/jhm/article/view/489
Syariah, M. A.-A. J. E., & 2024, undefined. (n.d.). Pilar dan Infrastruktur Dalam Mendukung Perkembangan Industri Halal. Jurnal.Iainambon.Ac.Id. Retrieved September 1, 2024, from https://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/amal/article/view/7584
Tumangger, A., … A. N.-M. J. K., & 2022, undefined. (2022). Analisis Pengaruh Sertifikat Produk Halal dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Herbal Network International-Herba Penawar Alwahida Indonesia. Jurnaltest.Uisu.Ac.Id, 2(2). https://jurnaltest.uisu.ac.id/index.php/mulaqah/article/view/4732
Ulfin, I., Rahadiantino, L., Harmami, H., Ni’mah, Y. L., & Juwono, H. (2022). Sosialisasi Halal dan Pendampingan Sertifikasi Halal untuk UMKM Kelurahan Simokerto. Sewagati, 6(1), 10–17. https://doi.org/10.12962/J26139960.V6I1.14
Ummah, A. C., Bahrudin, Moh., & Hilal, S. (2023). Sertifikasi Halal dan Kesadaran Halal Pada Minat Beli Produk Makanan. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(4), 1113–1119. https://doi.org/10.47065/EKUITAS.V4I4.3215
Wicaksana, M. M.-K., & 2021, undefined. (n.d.). The Pengaturan Sertifikasi Jaminan Produk Halal Di Indonesia. Ejournal.Warmadewa.Ac.Id. https://doi.org/10.22225/kw.15.2.2021.149
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.