Internalisasi Etika dan Rasionalitas Ekonomi Islam terhadap Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen
PDF

How to Cite

Masnama, M., Irwandi, I., & Arifin, A. (2024). Internalisasi Etika dan Rasionalitas Ekonomi Islam terhadap Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen. El-Kahfi | Journal of Islamic Economics, 5(02), 232-244. https://doi.org/10.58958/elkahfi.v5i02.338

Abstract

Tulisan ini adalah berisi telaah internalisasi etika dan rasionalitas Islam terhadap faktor-faktor yang berpengaruh pada perilaku konsumerisme masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode library research. Hasil menyimpulkan bahwa Islam melarang seseorang memenuhi kebutuhan hidupnya yang hanya mengarah pada self interest yang individualitsik. Islam mengharapkan setiap manusia menyematkan prinsip nilai normative dan deskriptif yang melandasi perbuatan-perbuatan konsumtifnya sehingga arahnya lebih didasarkan pada aspek kemaslahatan bersama demi capaian falah.

 

https://doi.org/10.58958/elkahfi.v5i02.338
PDF

References

Aravik, H. & Fakhry Zamzam. 2020.Filsafat Ekonomi Islam: Ikhtiar Memahami Nilai Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana.
Ash-Shadr, Muhammad Baqir. (2008). Buku Induk Ekonomi Islam : Iqtishaduna/Muhammad Baqir ash Shadr; Penerjemah Yudi. Cet. I. Jakarta: Zahrah.
Azizah, M. (2016). Etika perilaku periklanan dalam bisnis Islam. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 3(1), 37-48.
Christianti, Y. D., Amir, V., & Suhasto, R. B. I. N. (2021). Paradoks Konsumerisme “Manusia Akuntansi” Studi Fenomenologi Transendental Perilaku Konsumsi di Era Industri 4.0 Dalam Pandangan Islam. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 5(02).
Dewi, M. S. R. (2019). Islam dan etika bermedia (kajian etika komunikasi netizen di media sosial instagram dalam perspektif islam). Research Fair Unisri, 3(1).
Faisal Badroen. 2006. Etika Bisnis Dalam Islam. Jakarta : Kencana Perdana Media Group.
Fermadi, B. (2020). Humanisme Sebagai Dasar Pembentukan Etika Religius; Dalam Perspektif Ibnu Athā’Illah Al-Sakandarī. Jurnal Islam Nusantara, 2(1), 72-89.
Firmansyah, H. (2021). Teori Rasionalitas Dalam Pandangan Ilmu Ekonomi Islam. El-Ecosy: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 1(1), 34-50.
Herawati, T., & Fasa, M. I. (2022). Perilaku Konsumen dalam Berbelanja Online dimasa Pandemik Covid-19. Islamic Economics and Finance Journal, 1(1), 13-25.
Indranata, C. J. (2022). Perilaku Konsumen Islam Modern Perspektif Konsumsi dalam Islam. Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 22(01), 59-81.
Isfandiar, A. A. (2015). Melacak Teori Rasionalitas Ekonomi berbasis Islamic Ethics. Muqtasid: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 6(2), 23-41.
Karim Adiwarman A. 2011. Ekonomi Mikro Islami. Jakarta: Rajagrafindo Persada. M. Nurianto AL Arif dan Euis Amalia. 2010. Teori Ekonomi Mikroekonomi: Suatu Perbandingan Ekonomi Islam dan Ekonomi Konvensional. Jakarta: Kencana
Maharani, D., & Hidayat, T. (2020). Rasionalitas Muslim: Perilaku Konsumsi dalam Prespektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 409-412.
Mardoni, Y. (2017). Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam. Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif, 31-41.
Ngasifudin, M. (2018). Rasionalitas Dalam Ekonomi Islam. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 7(2), 111-119.
Saputri, O. B., & Huda, N. (2020). Pengaruh informasi covid-19 melalui media sosial terhadap perilaku konsumen. HUMAN FALAH: Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(7).
Septiana, A. (2015). Analisis Perilaku Konsumsi Dalam Islam. Dinar: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 2(1).
Taufik, M. (2018). Etika Plato dan Aristoteles: Dalam Perspektif Etika Islam. Refleksi: Jurnal Filsafat dan Pemikiran Islam, 18(1), 27-45.
Wahyuningsih, S. (2022). Konsep Etika Dalam Islam. JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 8(01).
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.