Abstract
Toleransi yang merupakan pondasi utama dalam mewujudkan perdamaian, apalagi pada wilayah yang beragam seperti Indonesia, sangat sekali untuk dibutuhkan. Agama, yang salah satu tujuannya adalah untuk mewujudkan perdamaian tentu mendukung terwujudnya toleransi, salah satu solusi yang disediakan oleh agama dalam mewujudkan toleransi adalah melalui pendekatan spiritual, karena pendekatan spiritual tidak hanya bersifat pasif melainkan juga memiliki kekuatan dalam menggerakan individual dan sosial. Dengan ajaran Asy’ariyah yang menekankan terhadap kemahakuasaan Allah yang mutlak dapat melahirkan dan memperkuat nilai-nilai toleransi, karena memunculkan kesadaran atas setiap Muslim bahwa mereka tidak memiliki hak untuk menghakimi atau mengecualikan individu lain dikarenakan segala keputusan ada pada Allah.
References
Adryan, M., & Santalia, I. (2022). Aliran Asy’ariyah: Sebuah Kajian Historis Pengaruh Aliran Serta Pokok Teologinya. INNOVATIVE: JOURNAL OF SOCIAL SCIENCE RESEARCH, 754.
Aravik, H., & Choiriyyah, C. (2018). Etika Rasionalisme Versus Etika Voluntarisme (Studi Kritis Mu’tazilah Dan Asy’ariyah). SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i, 5(1), 11–24. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v5i1.7902
Batula, A. W., Wulandari, A., Febrianti, B. N., Rachmawaty, S. S., & Parhan, M. (2023). Konsep Toleransi Dalam Sudut Pandang Ormas Aswaja Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(3), 18–29. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i3.153
Firman, & Yahya, M. (2022). PERBANDINGAN ALIRAN MUKTAZILAH, MURJIAH DAN ASY’ARIYAH TENTANG POSISI AKAL DAN WAHYU. Al-Gazali Journal of Islamic Education, 1(1). https://doi.org/10.21092/a.ajie.v1i1.xxxx
Halim, A., Hosaini, H., Zukin, A., & Mahtum, R. (2022). PARADIGMA ISLAM MODERAT DI INDONESIA DALAM MEMBENTUK PERDAMAIAN DUNIA. JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(4), 705–708.
Hosaini, H. (2020). NGAJI SOSMED TANGKAL PEMAHAMAN RADIKAL MELALUI PENDAMPINGAN KOMUNITAS LANSIA DENGAN SAJIAN PROGRAM NGABARI DI DESA SUKOREJO SUKOWONO JEMBER. As-Sidanah : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 159–190.
Hosaini, H., & Fikro, M. I. (2021a). Negara Indonesia Persfektif Islam: Sebagai Bentuk Penguatan Wawasan Kebangsaan. Moderasi : Journal of Islamic Studies, 01(2), 165–181.
Hosaini, H., & Fikro, M. I. (2021b). Pancasila Sebagai Wujud Islam Rahmatan Li Al-Alamiin. Moderation / Journal of Islamic Studies Review, 1(1), 91–98. http://journal.adpetikisindo.or.id/index.php/moderation/index
Hosaini, H., Kandiri, K., Minhaji, M., & Alehirish, M. H. M. (2024). Human Values Based on Pancasila Viewed from Islamic Education (Resilience of Victims of Discrimination in the Rohingya Ethnic Community). Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(2), 539–549. https://doi.org/10.35723/ajie.v8i2.549
Hosaini, H., Ni’am, S., & Khamami, A. R. (2024). Navigating Islamic Education for National Character Development: Addressing Stagnation in Indonesia's Post-Conservative Turn Era. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 14(1), 57-78.
Maktumah, L., Minhaji, & Hosaini, H. (2023). Manajemen Konflik : Sebuah Analisis Sosiologis dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Attractive : Innovative Education Journal, 5(2), 648–699. https://www.attractivejournal.com/index.php/aj/
Naim, N. (2016). Abdurrahman Wahid: Universalisme Islam dan Toleransi. KALAM.
Qorina, U., Amri, M., & Santalia, I. (2024). Licenced by CC BY-SA 4.0 Asy’ariyah; Sejarah dan Pokok Ajarannya Serta Keterkaitannya Dengan Mu’tazilah. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisipline, 2(1), 135–140. https://doi.org/10.5281/zenodo.10502622
Fitri, A. Z. (2024). Evaluation, Supervision, and Control (ESC) Strategies in Student Drop-Out Management in Islamic Higher Education. Power System Technology, 48(1), 1589-1608.
Sulaeman, Y., & Almisri, Z. (2023). Teologi Asy’ariyah: Sejarah dan Pemikirannya. EL-ADABI: Jurnal Studi Islam, 02(01), 25–44.
Syalafiyah, N., & Harianto, B. (2024). RADIKALISME DALAM TINJAUAN AL-QUR’AN. Jurnal Ilmiah Spiritualis: Jurnal Pemikiran Islam Dan Tasawuf, 10(1), 105–118. http://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.