UPAYA COSTUMER SERVICE BANK SYARIAH BUKOPIN CABANG PEMBANTU PAYAKUMBUH DALAM MELAYANI KELUHAN NASABAH
PDF

Keywords

Upaya Costumer Service
Melayani Keluhan Nasabah

How to Cite

Yunimar, Y., Aziz, Z., & Prawira, A. (2020). UPAYA COSTUMER SERVICE BANK SYARIAH BUKOPIN CABANG PEMBANTU PAYAKUMBUH DALAM MELAYANI KELUHAN NASABAH . El-Kahfi | Journal of Islamic Economics, 1(01), 1-8. https://doi.org/10.58958/elkahfi.v1i01.25

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan oleh costumer service Bank Syariah Bukopin Cabang Pembantu Payakumbuh dalam melayani keluhan nasabah pengguna ATM. Untuk menganilisa persoalan ini, penulis menggunakan jenis penelitian yang besifat Deskriptif Kualitatif yaitu dengan cara mendeskripsikan, mencatat, menganalisa, menafsirkan kondisi yang terjadi dilapangan dan membandingkan dengan landasan teori tentang masalah yang dibahas, serta mengambil suatu kesimpulan dari objek yang diteliti. Sedangkan teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah studi kepustakaan, observasi, dan wawancara.

Dari hasil penelitian yang penulis lakukan dapat dikemukakan bahwa upaya yang dilakukan oleh Costumer service Bank Syariah Bukopin KCP Payakumbuh dalam melayani keluhan nasabah pengguna ATM berpedoman kepada Standar Operasional Prosedure (SOP). Upaya yang dilakukan yaitu Costumer Service Bank Syariah Bukopin KCP Payakumbuh senantiasa mendengarka setiap keluhan yang disampaikan nasabah, Costumer Service menunjukan sikap empati kepada nasabah, meminta maaf kepada nasabah jika penyebab keluhan yang disampaikan oleh nasabah tersebut berasal dari sistem jaringan pihak ke III, memberikan solusi dari keluhan yang disampaikan nasabah pengguna ATM.

https://doi.org/10.58958/elkahfi.v1i01.25
PDF

References

Hamid Abdul, 2012. Komunikasi Public Relation. Bandung: CV Pustaka Setia
Hasan Ali. 2010. Marketing Bank Syariah. Ghalia Indonesia
Kamus Besar Bahasa Indonesia/Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, ed 3-cet 4-. 2007. Jakarta: Balai Pustaka
Kasmir. 2011. Etika Costumer Service. PT RajaGragindo Persada
Kasmir. 2015. Manajemen Perbankan, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Muhammad. 2015. Manajemen Dana Bank Syariah. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Nina rahmayanty. 2013. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu
Nur Asnawi dan Masyuri. 2011. Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. Malang: UIN Maliki Press
Wahjuono Sentot Imam. 2013. Manajemen Pemasaran Bank. Yogyakarta: Graha Ilmu
http://www.academia.edu>Jurna Komunikasi_rizki agustina dewi, diakses pada 22 maret 2017
http://www.syariahbukopin.co.id diakses pada 1 juli 2017 Arsip Bank Syariah Bukopin KCP Payakumbuh (Basic Financing Training Bank Syariah Bukopin 2015)
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.