Analisis efektivitas dan efisiensi untuk menilai kinerja keuangan pemerintah daerah
PDF

How to Cite

Fedwiriansyah, N., Akbar, A., Anwar, A., Sahabuddin, R., & Maulana Haeruddin , M. I. (2024). Analisis efektivitas dan efisiensi untuk menilai kinerja keuangan pemerintah daerah. El-Kahfi | Journal of Islamic Economics, 5(01), 26-34. https://doi.org/10.58958/elkahfi.v5i01.213

Abstract

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah menegaskan peran krusial pemerintah daerah dalam desentralisasi, efisiensi, dan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan. Fokus pengelolaan keuangan daerah, khususnya Dana Desa (DD), menjadi kunci dalam mencapai tujuan tersebut. Meskipun Pemerintah Kabupaten Soppeng telah mengalokasikan Alokasi Dana Desa (ADD) sesuai peraturan, perhatian khusus perlu diberikan pada pengelolaan yang efisien dan administrasi desa. Desa Paroto, sebagai salah satu hasil pemekaran dari Desa Tetewatu pada tahun 1991 di Kabupaten Soppeng, memiliki tipologi desa yang berkembang dengan luas wilayah 17 km2. Meskipun ADD telah diberikan, pentingnya pemahaman dalam pengelolaan alokasi dana desa menjadi kunci utama bagi pemerintah desa. Laporan keuangan memiliki peran penting dalam mengevaluasi kinerja keuangan sebuah entitas selama suatu periode. Dalam konteks keuangan desa, pendapatan, belanja, dan pembiayaan, dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) sebagai instrumen utama, menjadi fokus utama. Analisis rasio keuangan, termasuk rasio efektivitas dan efisiensi, membantu mengukur kinerja keuangan desa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk menganalisis kinerja keuangan Kantor Desa Paroto di Kabupaten Soppeng. Hasil analisis rasio efektivitas menunjukkan kinerja yang efektif dengan rata-rata 99,80%, sedangkan rasio efisiensi menunjukkan kurangnya efisiensi dengan rata-rata 99,88%. Meskipun terdapat peningkatan, evaluasi dan penyesuaian strategi keuangan tetap diperlukan untuk mencapai efisiensi yang lebih baik di masa mendatang. Kinerja Desa Paroto mencerminkan respons positif terhadap tantangan keuangan, menunjukkan potensi untuk mencapai target pendapatan di masa depan.

https://doi.org/10.58958/elkahfi.v5i01.213
PDF

References

Abdul, H., & Hanafi. (2012). Analisis Laporn Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Hanafi, M. M., & Abdul, H. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta:Unit Penerbit dan Pencetakan AMP YKN.
Heri. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kariato. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Malang: Universitas Brawijaya Press.
Mardiasmo. (2009). Akuntansi Sektor Publik. C. Andi Offset.
Martani, D.(2012). Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Jakarta : Salempa Empat.
Mahmudi. (2016). Analisis Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Mursyidi. (2010). Akuntansi Dasar. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nordiawan. (2012). Akuntansi Pemerintahan. Jakarta: Salemba Empat.
Sahabuddin, R., Arief, A. A., Rauf, D. I., & Muhammad, A. F. (2023). Kualitas Pelayanan Anggota Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Universitas Negeri Makassar Ditinjau dari Kemampuan Manajerial dan Kinerja Karyawan. SKETSA BISNIS, 10(2), 214-235.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kambinasi (Mixed Methods), Edisi ke- 5. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALfabeta, CV
Sujarweni, V., & Wiratna. (2015). Metodologi Penelitian-Bisnis dan Hasil Penelitian Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sujarweni, V., & Wiratna. (2017). Analisis Laporan Keuangan: Teori, Aplikasi ,dan Hasil Penelitian. Yogyakarta: PustakaBaru Press.
Sobaruddin. (2019). Analisis Kinerja Keuangan Pemerintaha Desa (Studi Kasus Pada Desa Mergosari Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Wonosobo Tahun 2015-2016). Universitas Widya Wiwaha.
Sutarso. (2012). Buku Ajar Manajemen Pelatihan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Turmidi. (2015). Pengaruh Motivasi Kerja, Kompetensi dan Penggunaan Sistem Informasi Berbasis Komputer Terhadap Kinerja Pegawai. Universitas Sebelas Maret.
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.