Penggunaan Media Sosial Sebagai Alternatif Strategi Peningkatan Penjualan Mengunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)
PDF

Keywords

QSPM
Matriks IFE
Matriks EFE
SWOT
Alternatif Strategi

How to Cite

Sari, chitra, Rizal, R., Mirawati, M., Nofrivul, N., & Yandra, A. (2024). Penggunaan Media Sosial Sebagai Alternatif Strategi Peningkatan Penjualan Mengunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). El-Kahfi | Journal of Islamic Economics, 5(01), 42-51. https://doi.org/10.58958/elkahfi.v5i01.210

Abstract

Artikel bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang tepat untu D’Zee Café Resto Piliang dengan metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Metode penelitian yang digunakan adalah Mixed Method yaitu mengkombinasikan atau mengabungkan antara metode kuantitatif dan metode kualitatif untuk digunakan secara bersama-sama dalam suatu kegiatan penelitian, sehingga diperoleh data yang lebih komprehensif, valid, reliabel, dan obyektif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara (interview), dan dengan daftar pertanyaan (questionnaire). Wawancara dan daftar pertanyaan kepada pihak internal dan eksternal Perusahaan yang berjumlah 10 orang. Data diawali dengan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal melalui matriks IFE, EFE, dan SWOT Kemudian mengevaluasi berbagai alternatif strategi secara objektif menggunakan metode Quantitative Strategic Planning Matrix untuk menentukan alternatif strategi pemasaran yang diprioritaskan di D'Zee Cafe Resto Piliang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alternatif strategi utama yang dapat diterapkan D’Zee Café Resto Piliang adalah menunjuk satu orang karyawan yang khusus untuk memegang akun-akun media sosial dan melakukan promosi secara berkelanjutan sebagai sarana komunikasi dengan konsumen (W1, O4)

https://doi.org/10.58958/elkahfi.v5i01.210
PDF

References

Assauri, S. (2013). Strategic management, Sustainable Copetitive Avantages. PT. Raja Grafindo Persada.
D, A. M. dan C. (2020). Analisis Strategi Pemasaan Café Dapoer Enha Sago Kabupaten Pesisir Selatan Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1).
David, F. R. (2009). Manajemen Startegi Konsep terjemahan oleh Dono Sunardi. Salemba Empat.
David, F. R. (2010). Manajemen Strategi Konsep. Salemba Empat.
Dharma, R. (2019). Analisis Perumusan Strategi Pada Aet Travel Di Kota Padang Dengan Metode Qspm. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(1), 55–61. https://doi.org/10.31933/jimt.v1i1.35
Dkk, A. andrianus. (2018). Strategi Pemasaran Usaha Restoran Menggunakan Analisis SWOT dan QSPM (Quantitative Strategic Planning) di Restoran La Pizza Makassar. Jurnal Ekonomi Dan Sosial, 9(1).
F E Novalia Firdaus, H. (2018). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Pupuk Pertanian Bersubsidi pada Kios Resmi Ud. Hasri Jaya di Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Jurnal Agribest, 2(1).
Fauzan, R., Supryanita, R., & Rahmatika. (2019). Analisis Strategi Pemasaran untuk Peningkatan Daya Saing pada Bisnis Kafe di Kota Bukittinggi (Studi Kasus Kafe Teras Kota). Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 79, 1–14.
Irham, F. (2016). Manajemen Strategis Teori dan Aplikasi. Alfabeta.
Rangkuti, F. (2016). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ributari Nurgahayu & Dwi Retnani, E. (2015). Penerapan Metode Balance Scorecard Sebagai Tolak Ukur Pengukuran Kinerja Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 4(10).
Sutarmin, N. S. (2016). Perumusan Strategi Guna Peningkatan Daya Saing Sekolah Menengah Kejuruan Ma’arif NU 02 Bumiayu. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Jurnal Bisnis Dan Manajemen (JBIMA, 4(2).
Widian Sari, M. (2019). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) (Studi Kasus pada Roman Indah Ukm di Padang). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(1), 86–96. https://doi.org/10.31933/jimt.v1i1.39
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.